Iklan

October 6, 2014, 03:03 WIB
Last Updated 2014-10-09T07:52:33Z
DPRD Manado

'Lakon' Solar Cell Berakhir Happy Ending


Jurnal,Manado - Perdebatan panjang soal proyek Solar Cell seperti sebuah ‘lakon’ di Pemkot Manado dan DPRD Kota Manado. Setelah berbalas pantun dan saling tuding di media massa, akhirnya persoalan tersebut berakhir dengan Happy Ending.
"Semuanya ada di dalam RPJMD 2010-2015. Ini produk hukum dari Pemkot dan DPRD Manado. Kita mengacu dari situ," kata Kepala Bappeda Manado Peter KB Assa, dalam pertemuan antara DPRD dan Pemkot Manado, di Ruang Toar Lumimuut, Jumat (3/10) pekan lalu. Menurutnya, hanya ada miskomunikasi soal penganggaran proyek tersebut sehingga menjadi polemik.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Manarsar Panjaitan secara detil menjelaskan hingga angka Rp10 miliar itu ‘tiba-tiba nongol’. Menurutnya, dalam RAPBD 2014 ada anggaran PJU senilai Rp1,8 miliar. Namun, RAPBD tersebut masih di angka Rp1,006 triliun dengan DAU/DAK dan dana perimbangan lain masih menggunakan angka dalam ABPD 2013.

“Tapi setelah ada kenaikan alokasi DAU/DAK dan perimbangan itu membuat RAPBD menjadi 1,1 triliun, dana PJU kami naikkan jadi 10 miliar. Dan dipilih solar cell karena memang ada dalam RPJMD,” jelas Panjaitan. Setelah mendengarkan penjelasan dari pihak Pemkot akhirnya DPRD Manado menerima semua dan mendorong agar proyek tersebut dilaksanakan untuk kepentingan rakyat.

“kami sepakat proyek tersebut dilanjutkan,’ ujar Richard Sualang saat memimpin pertemuan tersebut.
Dari pembahasan juga terdapat beberapa poin yang harus dilaksanakan oleh masing – masing pihak diantaranya.


-        DPRD Kota Manado mendukung program solar cell berdasarkan RPJMD dan Aspirasi masyarakat melalui pelaksanaan reses dewan.

-        Dewan tidak lagi mempersoalkan anggaran yang tertata di APBD TA 2014 sejumlah 10 Miliar. Dewan harus memperkuat notulen dan dokumentasi setiap kegiatan rapat.
      Perlu ditingkatkan kwalitas dan intensitas komunikasi antara DPRD dan Pemkot. Untuk pelaksanaan tender – tender di Pemkot, harus transparan dan akuntabilitas sehingga dapat diawasi oleh dewan melalui alat kelengkapan yang sesuai dengan mitra kerja.

- Aspirasi dari DPRD mengenai solar cell harus diakomodir oleh pemkot di tahun anggaran 2014.


- DPRD harus mendapatkan peta titik lokasi pemasangan lampu solar cell yang dilaksanakan tahun 2014.


- DPRD meminta dokumen LHP BPK RI mengenai masalah Solar Cell TA 2013. (**/luq)