Iklan

October 6, 2014, 05:32 WIB
Last Updated 2014-10-06T12:32:20Z
DPRD Manado

Seluruh Anggota Dewan Ikut Orientrasi



Jurnal,Manado – Diwakili oleh Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara DR Drh. Fredrik Rotinsulu, Orienstasi Anggota DPRD Kota Manado resmi dibuka.

Bertempat di Hotel Peninsula Manado, Pimpinan Sementara Anggota DPRD Kota Manado Cicilia Longdong dan Dr. Richard Sualang 

serta para anggota DPRD selaku peserta orientasi, Sekretaris DPRD Kota Manado dan unsur panitia dari Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara dan Sekretariat DPRD Kota Manado, mengikuti kegiatan yang dilaksanakan atas kerjsama Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara dengan Sekretariat DPRD Kota Manado Tanggal 06-11 Oktober 2014.

Menurut Sekretaris DPRD Kota Manado Drs. J.L. Sondakh, MSi, menyampaikan bahwa dasar hukum penyelenggaraan orientasi 

adalah UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).  PP Nomor16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata tertib DPRD. 

PERMENDAGRI nomor 57 Tahun 2011 tentang Pedoman Orientasi dan pendalaman Tugas anggota DPRD Provinsi kabupaten/kota. 

PERMENDAGRI Nomor 34 tahun 2014 tentang Perubahan PERMENDAGRI nomor 57 Tahun 2011 tentang Pedoman Orientasi dan pendalaman Tugas anggota DPRD Provinsi kabupaten/kota. 

Sementara tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, mengenalkan tupoksi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemda, meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI, meningkatkan pemahaman tentang ideology Negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan. Sasarannya adalah terwujudnya sinergitas dalam pelaksanaan tupoksi anggota DPRD.

“Ada beberapa materi pembelajaran yang akan diberikan kepada para anggota DPRD dengan nara sumber berasal dari Pakar/Praktisi tingkat pusat, KPK, Pejabat Provinsi Sulawesi Utara dan alumni TOT Orientasi DPRD Thn 2014,”

Sementara untuk Biaya pelaksaanaan Orientasi ini bersumber dari APBD kota Manado.

Acara pembukaan ini diakhiri dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Badan Diklat provinsi Sulawesi Utara kepada perwakilan peserta orientasi anggota DPRD 


yakni Cicilia Longdong dan Dr. Richard Sualang. dan dilanjutkan dengan pengarahan program dan pre test oleh Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara.(luq)