Iklan

October 30, 2014, 04:08 WIB
Last Updated 2014-10-30T11:08:08Z
ManadoUtama

Sendoh : Ujian CPNS Sistim CAT Tidak Ada Manipulasi



Jurnal,Manado – Pelaksanaan ujian tes CPNS Kota Manado T.A 2014 telah di buka. Bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) regional XI, Sekretaris Daerah Kota Manado Ir. MHF Sendoh 

didampingi Kepala Kantor Regional XI BKN Bapak English Nainggolan ,SH,MH, Kepala BKD Kota Manado Ventje Pontoh,Assisten Tiga Kota Manado Dra Henny Giroth, dan juga Inspektur kota Manado, Andre Hosang, SE. M.Si mengatakan, peserta untuk bersyukur karna bisa mengikuti tes CPNS pada hari ini(kemarin), Kamis (30/10). 


Sendoh berharap bahwa para peserta yang mengikuti tes benar-benar sesuai dengan identitas dan tidak menggunakan joki atau orang lain. Pun dengan aturan-aturan yang telah disampaikan harus dipatuhi. 

Selain itu juga Ia menekankan bahwa perekrutan CPNS dengan sistim CAT  benar-benar transparan dan juga jujur. “Sistim perekrutan saat ini benar – benar transparan. Semua nilai dan kelulusan tidak bisa di atur. Tidak ada istilah titipan atau menjanjikan akan meluluskan peserta ujian.” Tegas Sekda sembari mengingatkan bahwa nilai akhir yang sudah didapat oleh peserta tidak dapat di ganggu gugat, jangan percaya jika ada yng menawarkan kelulusan peserta atau merubah nilai.

Sementara itu Kepala Kantor Regional XI BKN Bapak English Nainggolan ,SH,MH menambahkan, untuk sisitim Seleksi CPNS menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) 

“seleksi CPNS kali ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan menggunakan LJK(Lembar Jawab Komputer),dengan keunggulan sistim CAT ini adalah transparansinya karna begitu ujian nilai peserta sudah bisa diketahui” Ujar Nainggolan. 

Ia juga mengatakan bahwa bukan hanya pengawas yang bisa memantau hasil ujian dari seleksi CPNS,melainkan juga pihak BKN sudah menyiapkan ruang publik bagi keluarga atau para pengantar yng ingin mengetahui nilai peserta ketika ujian maupun selesai ujian karna selalu terupdate. Untuk nilai sendiri kata Nainggolan, apa yang didapat oleh peserta tes ini tidak akan berubah sampai nanti dibawa ke Jakarta.

“Tidak ada manipulasi karena kita ingin masyarakat yang masuk menjadi PNS adalah masyarakat yang jujur,’ janjinya. Sebelum ujian Sekda,didampingi Kepala Kantor Regional XI BKN,Assisten Tiga,Kepala BKD Kota Manado dan Kepala Inspektorat Kota Manado membuka segel yang terpasang baik di ruang ujian,ruang pemantau dan ruang soal(Server). 

Dari hasil pemantauan dari dua sesi ujian dengan sesi pertama peserta ujian 97 peserta dari 100 peserta yang terdata, dan sesi kedua 97 peserta dari 100 peserta yang terdata Kepala BKD kota Manado mengatakan dari hasil tes sesi pertama dan kedua kelihatan peserta cukup bersaing kita bisa capai 40% lebih peserta yang memperoleh nilai yang baik dan itu menurut Pontoh lebih baik dibandingkan dengan hasil tes dari daerah lain. 

Perlu diketahui untuk penilaian Sistem Penilaian CAT (Computer Assisted Test) Nilai sub tes TKD yang dimaksud terdiri dari 3 (tiga) sub tes yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Jumlah seluruh soal dalam ujian 

CAT adalah 100 butir soal dengan rincian sebagai berikut :35 soal TKP ( nilainya antara skala 1 s.d 5, tidak ada 0, 35 soal TIU (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar),30 soal TWK (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar).Jika seluruh soal dijawab dengan tepat maka nilai maksimumnya adalah 500, dan nilai minimumnya adalah 35. 

Tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini. Nilai Ambang Batas TKD CAT seleksi CPNS 2014 berdasarkan Permen PANRB No.35/2013 adalah 60% dari nilai maksimum TKP 175 = 105, 50% dari nilai maksimum TIU 175 = 75, dan 40% dari nilai maksimum TWK 150 = 70.(luq)