Iklan

October 27, 2014, 07:27 WIB
Last Updated 2014-10-27T14:27:29Z
Manado

Wawali : Revisi RPJMD Mampu Menjawab Persoalan Strategis Daerah

Jurnal,Manado – Dalam penataan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Manado 2014 yang telah disesuaikan dengan RPJMD Provinsi dan RPJMN, masih harus di revisi lagi. Pasalnya beberapa program yang telah dilaksanakan belum tertuang dalam draf RPJMD. 
 
Diantaranya adalah penambahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru diadakan setelah pembahasan RPJMD tuntas. Pun dengan 8 program Walikota dan Wakil Walikota Manado. Hal itu dijelaskan  Kepala Bappeda Manado Peter Assa, Senin (27/10).
 
“Bagian keuangan yang jadi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). 8 program Walikota dan Wawali tidak masuk dan harus dimasukan. Seperti PBL dan UC tidak secara eksplisit ditulis hingga hal itu menjadi indikator program yang harus tertuang di revisi RPJMD. Termasuk juga kebutuhan urgen sesuai perundang undangan yang terkendala tidak masuk RPJM akan dimasukan. Alasan itu antara lain sehingga dilakukan revisi RPJMD,” terang Assa.
 
Sementara itu Wawali Manado Dr Harley Mangindaan yang dimintai tanggapanya usai melakukan pengawasan di Bappeda menjelaskan, RPJMD bertujuan menghasilkan serta mampu menjawab persoalan strategis daerah dan menterjemahkan visi dan misi pemerintahan daerah secara konkrit, serta bisa memberikan landasan yang tepat bagi SKPD untuk menyusun perencanaan setiap tahunnya. 
 
Untuk itu dibutuhkan pendampingan penyusunan perencanaan yang tepat sasaran yang dituangkan dalam sebuah dokumen perencanaan yang terintegrasi sesuai hasil peraturan yang berlaku. Karena hasil dokumen RPJMD perlu menggambarkan capaian strategis setiap tahunnya selama lima tahun dalam mewujudkan visi dan misi pemkot Manado.
 
“Dengan demikian kita akan menghasilkan sebuah perencanaan dengan "amplitudo" unggulan yang dicapai secara periodik dan terintegrasi serta tidak lagi menjadi sekedar sebuah perencanaan yang datar," jelas Wawali.
Disatu sisi Wawali berharap RPJMD benar benar menjawab tantangan dan issu strategis daerah secara tepat sasaran dan mensejahterakan masyarakat di wilayahnya.(man)