Iklan

November 27, 2014, 09:48 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

Walikota Manado Terima Penghargaan Ksatria Bakti Husada


Walikota Manado GSVL saat pemberian penghargaan Ksatria Bakti Husada
Jurnal,Manado- Empat kali berturut-turut meraih penghargaan sebagai Kota Sehat, Delapan kali meraih Piala Adipura, serta dihargai sebagai salah satu Kota berpredikat Langit Biru selama kepemimpinan Walikota GS. Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota Harley Mangindaan, membuat bangga warga Kota Manado.

Kebanggaan ini bertambah lagi dengan terpilihnya Walikota Manado DR. Godbleas Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) yang menjadi satu-satunya Kepala Daerah dari 15 Kabupaten/Kota se Sulut yang menerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI, Prof Nila F Moeloek, berupa penghargaan pribadi yakni Ksatria Bakti Husada (KBH) Arutala 2014 yang diserahkan Menteri Koordinator Pemberayaan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, pada Kamis (27/1/2014) bertempat di auditorium Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Acara Puncak 50 Tahun Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertemakan 'Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku'.

Piagam Penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala yang diberikan kepada Walikota Manado
Menteri Kesehatan, Prof. Nila F Moeloek mengatakan bahwa tujuan diberikannya Tanda Penghargaan ini adalah untuk memberikan pengakuan dan penghargaan kepada para pelaku pembangunan dibidang kesehatan yang sudah berjasa besar terhadap lingkungannya.

"ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat baik perorangan maupun institusi atau lembaga, agar terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan pembangunan kesehatan," demikian disampaikan Menkes Nila F Moeloek.

Walikota GSVL saat akan menerima Penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala 2014
Walikota GSVL, selama masa kepemimpinannya, memberikan kebijakan dan program untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Manado seperti program Universal Coverage (UC), pelayanan puskesmas 24 jam, dibentuk rabies center, DBD center, TBC center di seluruh puskesmas di Kota Manado. Ini merupakan program kerja dan nilai tambah dalam kepemimpinan GSVL.

Walikota GSVL diapit Menteri Kesehatan Prof. Nila F Moeloek dan Menko Puan Maharani
Dikesempatan yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dalam penjelasannya mengatakan, pemerintah bertanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau kepada masyarakat.

"Upaya kesehatan harus lebih memprioritaskan pada upaya mempertahankan orang sehat agar tetap sehat dan yang sakit mendapatkan pelayanan yang mudah diakses dan memadai, oleh karena itu peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat menjadi penting," tutur Puan.

Walikota GSVL mengaku mendapat surprise atas penghargaan yang diterimanya.
"Banyak aspek menyangkut perlindungan kesehatan diantaranya program UC, PBL (Pembangunan Berbasis Lingkungan), Jumpa Berlian, hingga Car Free Day. Dan ini semua merupakan program yang dinilai menyentuh masyarakat dibidang kesehatan yang ada di Kota Manado," jelas GSVL.
Ditambahkannya, "setelah sejumlah tim Kementrian Kesehatan melakukan survey dan penilaian ke Kota Manado lalu, tak disangka penghargaan inilah yang dimaksud. Dan ini sungguh surprise, dan saya sangat berterima-kasih serta harus siap melanjutkan dan memperbaiki program pelayanan kesehatan yang telah ada," ujar GSVL.(luq)