Iklan

December 14, 2014, 05:19 WIB
Last Updated 2014-12-14T13:19:35Z
Internasional

Pangeran "Usir" Putri Dari Kerajaan


 Pangeran saat bersama Putri Srirasmi 

Jurnal,Thailand - Nasib sial menimpa Putri Srirasmi. Selain kehilangan status kerajaannya, Pangeran Maha Vajiralongkorn memutuskan untuk menceraikan Putri Srirasmi karena melakukan korupsi.

Pihak kerajaan Sabtu 13 Desember mengatakan Pangeran Vajiralongkorn memutuskan untuk menceraikan Putri Srirasmi, yang sudah dinikahinya selama 13 tahun. Hal ini terjadi setelah kerabat sang putri ditangkap karena diduga terlibat skandal korupsi.

"Raja telah memberi izin untuk mengumumkan bahwa Putri Srirasmi, istri dari Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, telah menginformasikan dalam dokumen tertulis bahwa dia telah mengundurkan diri dari status kerajaan," demikian pernyataan pihak istana, seperti diberitakan The Star Online, Minggu (14/12/2014).

Pengamat mengatakan perceraian putra mahkota itu dengan istrinya akan memperdalam kekhawatiran untuk masa depan monarki Kerajaan Thailand.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Srirasmi menikah dengan putra mahkota pada tahun 2001 dan telah diharapkan menjadi ratu. Pasangan tersebut memiliki seorang putra berusia sembilan tahun yang dianggap pewaris Pangeran Vajiralongkorn itu.

"Pengumuman ini akan menambah rasa kecemasan di kalangan warga Thailand atas masa depan monarki mereka - bukan hanya dengan generasi sekarang, tetapi dengan generasi berikutnya juga," kata pengamat Pavin Chachavalpongpun yang mengajar di Universitas Kyoto, Jepang.(okz)