Iklan

January 25, 2015, 11:32 WIB
Last Updated 2015-01-25T19:32:43Z
Manado

GSVL : Kesadaran Masyarakat, Pencegahan dini kebakaran


Walikota GSVL

Jurnal,Manado- Walikota Manado GS. Vicky Lumentut (GSVL) kembali mengingatkan warga agar tetap menjaga kewaspadaan terhadap kebakaran, baik himbauan secara langsung maupun melalui media sosial. Meskipun cuaca masih variatif, dominan berawan dan hujan, namun fakta dilapangan menunjukkan peristiwa kebakaran di Kota Manado tidak mengenal cuaca.

“Kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran harus semakin ditingkatkan apalagi menjelang musim kemarau. Sebagai pengemban amanat rakyat, sudah menjadi kewajiban saya dan teman-teman saya di pemkot Manado, bahwa segala daya dan upaya harus dilakukan dalam rangka mencegah dan meningkatkan kewaspadaan dini terhadap kebakaran atau meluasnya efek kebakaran terjadi,” himbau Walikota GSVL dalam salah satu akun pribadinya. 

Untuk itu, Walikota akan terus menambah armada damkar baru untuk melengkapi kebutuhan serta lancaranya penanganan saat terjadi peristiwa kebakaran.

“Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) dalam merealisasi upaya-upaya dimaksud, saya akan terus menambah fasilitas-fasilitas layanan yang dibutuhkan, antara lain armada damkar baru utk membantu kelancaran penanganan cepat peristiwa kebakaran di kota Manado.” 

Tak hanya itu, menurut GSVL, keahlian personil manajemen fire fighting juga perlu ada peningkatan.

“SAR Bencana akan menjadi salah satu program penting di Dinas Damkar untuk dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien.”

Untuk itu  kepada masyarakat, Walikota GSVL  kembali menghimbau agar selalu waspada terhadap kebakaran.

“Jangan lengah saat meninggalkan rumah, periksa kompor sudah dimatikan atau belum, atau ada peralatan listrik yg masih terhubung dan berpotensi penyebab kebakaran. Kesadaran pencegahan dini kebakaran dengan teliti menyiapkan fasilitas pemadam sederhana di dapur/rumah sangat diharapkan,” kunci GSVL dalam himbauannya. (luq)