Iklan

January 28, 2015, 04:34 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:25:34Z
PemerintahanPolitik

Wagub Tegaskan Pemkot Manado Giatkan Jumpa Berlian


Wagub Djauhari Kansil saat melakukan fogging.(ist)

Jurnal,Manado – Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menegaskan, Pemerinah Kota Manado harus giatkan terus program jumat pagi bersih lingkungan anda (jumpa berlian). 

Hal itu diingatkan karena manado saat ini menjadi daerah tertinggi di Provinsi Sulut terkait dengan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Penegasan itu berdasarkan data per-28 Januari 2015, korban mencapai 79 kasus serta empat orang meninggal dunia, karena terjangkit penyakit tersebut. Hal itu ditegaskan saat Wagub melakukan fogging dan pemberian abate kepada warga masyarakat di lingkungan 8, 9 dan 10 Kelurahan Paniki Kecamatan Mapanget Manado, Rabu (28/01/2015).
“Kebersihan lingkungan itu penting untuk mencegah timbulnya berbagai wabah penyakit,” tegas Kansil.

Ia juga meminta Camat Mapanget, Rivo Koloai untuk segera memperingati pengemban perumahan Star Of Paniki agar membuka saluran air yang telah ditutup sehingga air yang tersumbat bisa jalan kembali. Pun kepada Kepala Puskesmas Mapanget dr Ivone Y Rimbing, diingatkan segera melakukan antisipasi penyakit DBD diwilayahnya, jangan nanti sudah ada korban baru ada tindakan. Begitu juga kepada Ketua jemaat GMIM Siloam Sosonopan Pdt Marlin Rorimpandey-Kumaseh STh, Wagub minta agar gereja dapat berperan aktif untuk memberikan penjelasan atau penerangan  kepada jemaat tentang kebersihan.
“Pemerintah kabupaten/kota juga melakukan fogging dan poemerian abate,” tandas kansil.

Kadis Kesehatan Sulut dr Grace L Punuh MKes menjelaskan, dari  up date  terakhir 28 Januari 2015 Pukul 15:30 Wita  Provinsi Sulut saat ini sudah masuk dalam penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) dengan jumlah kasus mencapai 257 kasus serta tiga orang meninggal dunia yaitu 2 orang di Manado serta 1 orang di Sitaro. Jika dibandingkan dengan data bulan januari 2014 lalu kasus DBD di Sulut hanya mencapai 110 kasus. Adapun rincian kasus DBD di kabupaten/Kota se-Sulut  sebagai berikut Manado 81 kasus, Minut 55, Bitung 25, Minahasa 26, Tomohon 15, Sitaro 14, Bolaang Mongondow 12, Kotamobagu 9, Minsel 7, Boltim 6, Mitra 1, serta Bolmut 2 kasus. "Sementara sementara tiga Kabupaten lainnya seperti Talaud, Sangihe dan Bolsel sementara menunggu data," tambah Punuh. 

Ikut hadir Kabid Promkes dr Ingrid Girot M.Kes, Kabid PMK dr Hendrik Tairas, serta Kepala UPTD Balai data dan Surveilans dr Devi Tanos Mkes.(**/man)