Iklan

February 23, 2015, 03:04 WIB
Last Updated 2015-02-25T11:04:44Z
DPRD Sulut

Komisi IV Pantau Kondisi Puskesmas


Komisi IV DPRD Sulut saat melakukan kunjungan ke beberapa puskesmas

Jurnal,Manado - Komisi 4 DPRD Sulut, Senin (23/2) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, sejak pagi hari sekitar pukul 09.00 wita lakukan peninjauan secara langsung dibeberapa puskesmas yang berada di Kota Manado hingga ke Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Induk. 

Pada kunjungan tersebut, didapati dua dari enam puskesmas yang bisa dijadikan contoh bagi puskesmas yang lain. Adapun kedua puskesmas itu yaitu, puskesmas Kolongan di Kabupaten Minut dan Puskesmas Koya di Kecamatan Tondano Selatan.

James Karinda, Ketua Komisi 4 mengatakan bahwa hal itu patut diapresiasikan dan menjadi puskesmas percontohan. " Puskesmas Kolongan jadi percontohan karena memajang dana BOK secara transparan agar diketahui masyarakat sedangkan Puskesmas Koya jadi percontohan penyuluhan remaja. Bukan hanya itu 8 kasus DBD semua diatasi dengan baik, tidak ada korban jiwa," ujar Karinda.

Namun demikian, prihatin juga terucap dari Karinda, pasalnya dari 6 puskesmas yang dikunjungi kemarin, 4 ditemui ada korban jiwa sebanyak 5 orang. "Ya, 1 di puskesmas Teling, puskesmas Wawonasa dan Talawaan, 2 korban di puskesmas Paniki Bawah Mapanget. Ini harus diserusi dan ditindaklanjuti," ujar Karinda.

Sedangkan terkait data dari Dinkes Provinsi bahwa ada 12 korban akibat DBD dari bulan Januari hingga Februari ini, oleh Karinda menegaskan akan ditelusuri keakuratan data tersebut. "Akan kami telusuri," singkat Karinda.

Hal yang sama juga dikatakan Inggrid Sondakh, Sekretaris Komisi 4 bahwa akan dilakukan pengecekan tentang keakuratan data dari dinas kesehatan. "Tadi dipertanyakan ke dinas kesehatan provinsi namun mereka meyakini data tersebut. Mamang data tersebut tidak menyebutkan secara terperinci di puskesmas mana saja. Tapi kami akan terus mengkroscek," jelas Sondakh.

Diketahui, pada peninjauan tersebut diikuti oleh seluruh personil komisi 4 yaitu, James Karinda, Inggrid Sondakh, Eva Sarundajang, Siska Mangindaan, Muslima Mongilong, Norry Supit, Rita Manopo Lamusu, Hanny Joost Pajouw, Yusuf Hamim, vanny Legoh. Sedangkan dari Dinkes, dipimpin langsung oleh dr. Grace Punuh, Kadis Kesehatan Sulut didampingi dr. Kartika Devi Tanos bersama rombongan.(***)