Iklan

February 18, 2015, 16:41 WIB
Last Updated 2015-02-19T03:32:33Z
Manado

Sambut Imlek, Harapan Wawali Sulut Lebih Sejahtera




Jurnal,Manado – Umat Tri Dharma hari ini merayakan Tahun baru China yang ke 2566. Pesta kembang api menambah meriah suasana malam. Berdasarkan perhitungan Sio dari kepercayaan warga Cina bahwa tahun ini merupakan Tahun kambing kayu, harapan – harapan dituangkan dalam prosesi keagamaan.
 
"Semoga Sulut lebih sejahtera dari tahun yang lalu.” Kultur yang berbeda tidak menjadikan jarak pemisah bagi warga Sulut terlebih khusus Kota Manado. Seperti pelaksanaan kegiatan ibadah di Klenteng, disaksikan oleh ratusan warga yang ingin menyaksikan langsung prosesi pelaksanaan ibadah hingga pada perayaan puncak.

Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan sendiri mengingatkan agar selama pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Tri Darma, keamanan dan kenyamanan mesti tetap terjaga. Ini merupakan toleransi dan saling menghormati antar sesama umat. Ia juga memberikan selamat kepada seluruh umat Tri Darma.

“Kami ucapkan Gong Xi Fat Chai kepada warga yang merayakan tahun baru China. Semoga harapan – harapan agar sulut terutama kota Manado semakin maju dapat terwujud. Saya juga menghimbau kepada seluruh warga untuk sama – sama menjaga keamanan dan kerukunan selama prosesi saudara – saudara kita sedang berlangsung. Saling menghormati, saling menghargai karena Torang Samua Basudara,” ucap Mangindaan.

Selain itu juga Wawali menghimbau agar warga kota Manado selalu ramah terhadap pendatang baik lokal maupun mancanegara.

“Pelaksanaan perayaan ini bukan saja menjadi perhatian warga lokal tapi sudah menjadi perhatian mancanegara dan menjadi daya tarik sendiri karena warga lain ingin menyaksikan kegiatan tersebut, untuk itu juga saya mengingatkan kepada warga agar tetap ramah dan menjadi tuan rumah yang baik,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun – tahun kemarin pelaksanaan kegiatan tahun baru Cina pada puncaknya hingga kegiatan Toa Pe Kong (tapikong-red) akan mendatangkan turis baik lokal maupun mancanegara.(man)