Iklan

March 26, 2015, 11:06 WIB
Last Updated 2015-03-27T12:50:06Z
Manado

Tekan Kriminalitas, Yayasan Insan Kawanua Temui Walikota

Jurnal,Manado- Banyaknya kasus kriminal yang terjadi di Kota Manado, membuat banyak pihak berfikir upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk menekan kasus-kasus tersebut. Salah satu elemen Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Yayasan Insan Kawanua yang didirikan oleh Supriadi Dharma, SSi. dan Hi. Usran Mantau, lewat program-programnya menawarkan salah satu solusi untuk membantu generasi muda lewat kegiatan kewirausahaan.

Didampingi Penasehat yang juga adalah Kepala Kantor Kementrian Agama Manado, Lily Rasmana, beserta pengurus Yayasan lainnya termasuk salah satu Anggota DPRD Fatmawaty Syech Abubakar, Usran Mantau menemui Walikota Manado GS. Vicky Lumentut (23/03) lalu, untuk membicarakan tentang bantuan-bantuan yang dapat diberikan pemerintah kota dalam rangka menyukseskan program yang telah direncanakan Yayasan ini.

Menurut Mantau, ide itu adalah membantu generasi muda dalam rangka untuk melakukan kegiatan kewirausahaan. "Ini karena persoalannya banyak tindakan kriminal yang terjadi di wilayah kota Manado yang akhirnya kita melihat ke generasi mudanya."

"Karenanya, kami punya ide untuk melakukan pendekatan kewirausahaan kepada generasi muda yang putus sekolah, memiliki bakat dan minat yang akan kita salurkan, juga membantu korban banjir dalam rangka pengadaan duplikat kutipan akta nikah dan sebagainya. Alhamdulillah sudah keluar rekomendasi dari Kementrian Agama dan Insyaallah bapak Walikota juga akan mengeluarkan rekomendasi seputar pelaksanaan pengadaan duplikat akta nikah umat Islam, Kristen, Katolik dan sebagainya di catatan sipil," tambah Mantau.

Sementara itu Walikota Gs.Vicky Lumentut  memberi tanggapan positif terhadap apa yang disampaikan oleh Yayasan tersebut dengan  mengatakan bahwa pemerintah kota  akan memberi dukungan penuh untuk terlaksananya Program-program dari Yayasan Insan Kawanua. 

"Yayasan Insan Kawanua, mereka datang untuk melaporkan akan ada kegiatan merekrut orang-orang yang belum bekerja untuk diberikan bekal kewirausahaan, seperti pelatihan untuk keahlian perbengkelan, jahit menjahit, konveksi dan lain-lain untuk dilatih. Tentunya sebagai pemerintah, saya menyambut baik jika ada sekelompok masyarakat yang mau melaksanakan  kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Barangkali juga bisa dapat greenland bantuan dari kementrian sosial. Jadi untuk kegiatan bulan Mei, pemerintah akan support. Dan untuk pemberian pengganti akte-akte nikah yang hilang waktu banjir sedang dalam penataan, itu juga akan mendapat dukungan dari pemerintah kota, seperti keterangan dari lurah akan disiapkan untuk membantu prosesnya agar tidak terjadi kesalahan." Demikian seperti keterangan Walikota GSVL. (luq)