Iklan

March 3, 2015, 02:27 WIB
Last Updated 2015-03-03T10:27:31Z
Manado

Warga Bunaken minta Pemkot ambil alih Pengelolaan TLNB

Salah satu masalah kebersihan di Taman Laut Bunaken
Jurnal,Manado- Pemerintah Kota Manado diminta mengambil alih pengelolaan Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB) karena sejauh ini banyak masalah terkait dengan pelestarian TLNB seperti kebersihan hingga permasalahan tanah yang tidak maksimal, padahal ini menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Decky Domiks, salah satu warga Bunaken mengatakan bahwa tidak maksimalnya pengelolaan TLNB ini berpengaruh pada minimnya peningkatan ekonomi warga Bunaken.

“Kami meminta Pemkot Manado mengambil alih terkait pengelolaan Taman Laut Bunaken, jangan kemudian dewan pengelola taman bunaken menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Sejauh ini masih banyak masalah terkait taman Bunaken baik dari aspek kebersihan dan permasalahan tanah, sebaiknya pemerintah Kota Manado mengendalikan pengelolaan taman Bunaken ini,” ujar Domiks.

Menanggapi keluhan ini, Walikota Manado GS.Vicky Lumentut meminta warga Bunaken bersama-sama mencari solusi, dirinya berjanji akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Bunaken yang menghendaki agar pengelolaan TNB menjadi kewenangan Pemerintah Kota Manado.

“Memang kita mengalami kekurangan anggaran sehingga pembangunan di Pulau Bunaken ini dilakukan secara bertahap. Terima kasih atas usulan dan keluhan warga Bunaken, memang pengelolaan Taman Nasional Bunaken bukan menjadi kewenangan kami, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang mengelolanya, namun jika kemauan masyarakat begitu, saya akan tindaklanjuti, dan berkoordinasi dengan Gubernur Sulut, karena Bunaken tidak boleh hanya jadi kenangan.’’ (luq)