Iklan

March 1, 2015, 08:53 WIB
Last Updated 2015-03-01T16:53:21Z
Olahraga

Wasit Banyak Kesalahan, PGMOL Berniat Bujuk Howard

Howard Webb
Jurnal.com - Kinerja wasit di Premier League belakangan banyak menjadi bahan perbincangan. Wasit banyak melakukan kesalahan saat memimpin pertandingan dan menciptakan kontroversi yang menyudutkan korps pengadil.

Situasi itu membuat Keith Hackett, mantan kepala Professional Games Match Officials Limited (PGMOL), organisasi wasit di Inggris risau. Hackett yang juga mantan wasit menganggap penyebab buruknya kinerja wasit disebabkan oleh tak adanya kepemimpinan yang baik.

"Wasit terus melakukan kesalahan besar setiap pekan. Mereka butuh kepemimpinan. Sosok terbaik harus berada di depan. Mike Riley (kepala PGMOL saat ini) harusnya mendorong Howard Webb untuk kembali dari pensiun. Saya tak tahu apa yang dilakukan Webb saat ini," tukas Hackett kepada BBC.

Sebagai catatan, Howard Webb banyak disebut sebagai wasit terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Pria yang juga berprofesi sebagai polisi itu sudah pernah memimpin pertandingan-pertandingan besar kelas dunia.

Webb pensiun pada Agustus tahun lalu. Ia kemudian diangkat menjadi Direktur Teknik PGMOL, alias menjadi anak buah Mike Riley.(mdk)