Iklan

March 1, 2015, 08:21 WIB
Last Updated 2015-03-01T16:21:02Z
Utama

Taklukan Hatta, Zulkifli Nakhodai PAN

Jurnal,Bali – Setelah unggul 6 suara dari calon incumbent, Hatta Rajasa, dalam kongres ke IV di Nusa Dua, Bali, akhirnya Zulkifli 

Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020.   
Kemenangan itu manambah besar tanggungjawab Zulkifli.Sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sebelum menjadi Ketua MPR, Zulkifli tercatat sebagai Menteri Kehutanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pria kelahiran Penengahan, Lampung Selatan, 52 tahun silam ini melenggang ke Senayan setelah pada Pemilu 2014 lalu terpilih menjadi anggota DPR.

Sebelum dilantik menjadi anggota DPR, Zulkifli terlebih dahulu mundur dari jabatannya sebagai Menhut. Di PAN, Bang Zul dikenal sebagai tokoh senior partai. Pada periode 2005-2010, dia pernah menjabat sebagai Sekjen PAN, mendampingi Ketua Umum Soetrisno Bachir.

Zulkifli yang dikenal hobi menyelam ini diketahui pernah mengenyam pendidikan di SMA 53 Jakarta. Dia kemudian melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana pada 1996. Lalu pendidikan S2 di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan lulus pada tahun 2003.

Selain sebagai politikus ulung, Zulkifli juga sebagai seorang pengusaha. Dia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari.

Kiprah ayah empat anak ini tetap berkibar di bidang politik dan lainnya. Tercatat, sepanjang kariernya ia pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Logistik PAN, Pelindung Yayasan Al Husna Jakarta, hingga anggota DPR Komisi VI. Selain itu dia pernah menduduki posisi Ketua Fraksi PAN DPR RI periode 2004 2009.

Pada 8 Oktober 2011 lalu, Zulkifli Hasan mempererat hubungannya dengan mantan Ketua MPR dan mantan Ketua PAN Amien Rais. Putri pertamanya bernama Futri Zulya Safitri resmi menikah dengan putra ketiga Amien Rais bernama Ahmad Mumtaz Rais yang disaksikan langsung SBY.

Dalam Kongres IV PAN ini, Zulkifli juga mendapat dukungan penuh dari sang besan.(mdk)