Iklan

April 21, 2015, 05:29 WIB
Last Updated 2015-04-21T12:29:32Z
Minahasa

ISPA Ancam Warga Tosuraya

Ilustrasi
Jurnal,Ratahan-Dengan di perlebarnya Ruan Jalan di Kompleks Kelurahan Tosurya Kecamatan Ratahan, wargapun memberikan aprisiasi bagi Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra).

Namun sangat disayangkan dampak dari pelebaran tersebut membuat warga sekitar terancam dengan ISPA, Erik Komalik warga Tosuraya kepada Wartawan, Senin (20/04/2015), 
mengatakan bahwa pelebaran jalan tersebut sangat memberikan kelegahan bagi masyarakat di mitra, namun mereka sangat menyayangkan pihak pemkab mitra tidak mengantisipasi akan dampak dari pengerjaan tersebut."Ya,ini tentunya akan membahayakan kesehatan bagi kami. Apalagi bahayanya ISPA".ujar Komalik.

Seperti halnya Yeni Manopo Ibu rumah tangga yang tinggal di area tersebut mengeluhkan bahayanya akan penyakit yang akan ditimbulkan dari debu yang terhirup bagi manusia."Padahal harusnya pemkab melalui instansi terkait dapat menyediakan masker sehingga kami bisa terhindar dari ancaman ISPA"keluhnya yang diaminkan Ny Tampinongkol.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) mitra dr Rini Tamuntuan kepada wartawan mengakui telah membagikan masker kepada warga ketika letusan gunung soputan."Kami pernah membagikan masker ketika beberapa waktu yang lalu. Saya berharap warga dapat langsung mengambil di Puskesmas terdekat atau di kantor Dinkes,kami masih memiliki stok bagi yang membutuhkan masker".jelasnya.(hari)