Iklan

July 9, 2015, 18:58 WIB
Last Updated 2015-10-02T01:58:24Z
Manado

Rakorev Resmi Dibuka Mangindaan

Jurnal,Manado - Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) keamanan Manado Aman Nyaman dibuka resmi Wakil Walikota Manado Dr Harley Mangindaan, Rabu (09/07/2015). 
Dihadiri Kodim 1309 Manado, Polresta Manado, Kejari Manado, Kepala BPN Manado, Kepala Lingkungan, Lurah, Camat se Manado serta BKSUA dan tokoh masyarakat, Wawali menegaskan, meski masyarakat Manado miliki karakter terbuka, ramah, lugas, berpikir rasional dan punya semangat kebersamaan atau baku baku bantu serta kerukunan antar umat beragama keseharian begitu erat, tapi masyarakat manado akan diperhadapkan agenda strategis Pilkada serentak 9 Desember 2015. 
Dijelaskannya, otomatis berbagai dinamika nantinya akan mewarnai proses tahapan Pilkada. “Kita ditantang waspada serta rapatkan barisan agar tidak ada celah yang dapat disusupi, oleh kepentingan golongan memanfaatkan momentum Pilkada ini,” tegas Wawali.
"Forum ini diharapkan menyamakan persepsi kita agar tercipta keseragaman gerak mengantisipasi setiap ancaman. Saya harap lewat forum ini akan lahir semangat komitmen mewujudkan kota Manado rukun, damai, aman dan menyenangkan bagi semua orang. Untuk itu kita harus bekerjasama wujudkan kota Manado yang aman,”tegasnya. 
Senada dikatakan Dandim 1309 Manado yang diwakili Danramil Karombasan Mayor Moudi Purba. “Tugas TNI khususnya Kodim Manado akan bersinergi dengan pemerintah. Jika terjadi konflik meski kecil kami juga berharap pimpinan wilayah baik Kepala Lingkungan, Lurah hingga petinggi pemerintah tidak bisa tinggalkan tempat,karena selesaikan konflik dibutuhkan pimpinan wilayah,”ungkap Danramil. 
Wakapolres Manado Enggar Brotoseno menjelaskan, dengan turunnya tingkat kriminalitas di kota Manado hingga Juli di tahun 2015 ini menandakan warga kota Manado sangat menjaga kamtibmas Manado. Tapi menurut Wakapolres, ada fenomena yang tejadi di kota Manado yakni, kelompok remaja dan pemuda digerakkan oleh satu orang yang baru keluar penjara. “Kami akan tegas jika mengganggu kamtibmas,”ujarnya dibenarkan Mourits Barakati perwakilan Kejari Manado.
Dalam Rakorev tersebut Kepala BPN Manado HR Morulo pun sempat memberikan materi terkait dengan sengketa lahan tanah. Hingga menurutnya, baik Lurah, Camat yang berhubungan langsung dengan hal tersebut untuk lebih teliti melihat data agar tidak menjadi persoalan dibelakang hari. 
“Pengakuan hak Tanah terkait langsung Lurah dan Camat. Tolong pelajari data bukti kepemilikan, jika tidak jelas atau ada yang janggal dari pasti BPN tidak tindaklanjuti,”katanya.
Pada kesempatan tersebut juga diumumkan pemenang Lomba Prokamling Antar Kecamatan, Antar Kelurahan dan Lingkungan.(man)