Iklan

July 13, 2015, 19:28 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

Wujudkan Program SOLL, Sendoh Terima Kunjungan TNI AL

Sendoh : Pemkot Akan Membantu Kegiatan Marinir
Sekretaris Kota Manado Harvey Sendoh saat foto bersama BrigJen Marinir Kasirun Situmorang(Komandan Pasmar Satu)
Jurnal,Manado - Walikota Manado G.S.V Lumentut yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Ir.M.H.F Sendoh menerima kunjungan dari BrigJen Marinir Kasirun Situmorang(Komandan Pasmar Satu) dan jajarannya di ruang rapat Walikota,Senin (13/07/2015). Kunjungan ini dalam rangka mendukung program “Save Our Littoral Life”, yang dicanangkan Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana. 
Sendoh saat memimpin pertemuan dengan tim marinir guna membahas pelaksanaan penanaman terumbu karang
Kegiatan SOLL ini akan diadakan penanaman 1juta terumbu karang seluas 100Ha dan serentak dilaksanakan di tiga daerah di indonesia yaitu Pulau We,Manado,dan Ambon yang puncaknya diadakan di Manado tanggal 16 Agustus 2015,di pantai Malalayang. Sekdapun mengatakan pemerintah kota Manado akan membantu karena ini juga merupakan kegiatan yang baik.

Sendoh saat dijelaskan lokasi dan program kerja penanaman terumbu karang
“Nanti kita juga akan berkoordinasi dengan propinsi karena ini juga merupakan even nasional,sehingga propinsi jugakan berkoordinasi dengan derah yang terkait”ujar Sekda. 
Sekdapun menamabahkan bahwa kegiatan ini membutuhkan kerja sama dari semua lapisan masyarakat. ”Semua membutuhkan kerja sama dan dukungan seluruh lapisan masyarakat yang berkomitmen untuk membantu dan mendukung penyelamatan terumbu karang Indonesia,”pungkasnya.(*/man)


Didampingi Sendoh, Sekprov Terima Kunjungan Tim Marinir
Sekretaris Provinsi Siswa Rachmad Mokodongan saat menerima passukan marinir didampingi Sekretaris Kota Harvey Sendoh
Jurnal,Manado – Usai melakukan pertemuan  di ruang rapat Walikota Manado,Sekda Manado Harvey Sendoh, Senin (13/07/2015), mendampingi rombongan BrigJen Marinir Kasirun Situmorng menemui Sekretaris provinsi Sulawesi Utara dalam rangka program ‘Save Our Littorial Life’ yang digagas oleh Angkatan Laut untuk penanaman 1 juta terumbu karang.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Provinsi Ir. Siswa R Mokodongan mengatakan, pemprov juga akan ikut serta membantu terlaksanannya kegiatan ini,dan juga akan membantu dalam prasarana dan juga akomodasi nantinya. 
Foto bersama tim marinir dan Sekprov Sulut didampingi Sekot Manado
Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Marinir terhadap lingkungan terutama kelestarian terumbu karang di Indonesia,kegiatan penanaman bibit terumbu karang di seluruh Indonesia karena kondisi terumbu karang di Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan karena banyak yang rusak. Berdasarkan hasil kordinasi dengan Kementerian Kelautan tentang kondisi terumbu karang, sebanyak 39,76% sudah rusak berat, 31,46% dalam kondisi rusak. Dari jumlah itu hanya sebanyak 22,68% dikategorikan dalam kondisi bagus dan 6,1% sangat bagus.


“Penyebab kerusakan yang terbesar adalah penangkapan ikan dengan bom, pengambilan karang secara liar, sedimentasi, kenaikan keasaman laut, dan lain-lain,” ujar Komandan Pasmar Satu. Selain itu juga kegiatan penanaman terumbu karang tersebut sebagai bagian dari pembinaan potensi maritim untuk memulihkan ekosistem di laut, sekaligus juga merupakan pelaksanaan tugas TNI yaitu operasi militer selain perang (OMSP). Kegiatan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo, yang juga akan mengadakan teleconference dengan Presiden RI Joko Widodo secara langsung dari istana,dan akan dimeriahkan oleh artis ibukota seperti Slank,Nugie dan Nadien Chandrawinata.(*/man)