Iklan

August 2, 2016, 06:18 WIB
Last Updated 2016-08-02T13:18:09Z
Tomohon

Walikota Himbau Tingkatkan Penggunaan Produk dalam Negeri



Jurnal,Manado - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri. Sosialisasi yang dilaksanakan di Rogs Kafe di Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah, yang  dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE.AK.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, penggunaan produk dalam negeri menjadi salah satu langkah dalam mengantisipasi globalisasi ekonomi sekaligus untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean di tahun 2016, khususnya di sektor perdagangan dalam negeri, dengan berbagai dinamika yang penuh dengan persaingan. Untuk itu, diperlukan keberpihakan pemerintah, mulai dari pemerintah pusat sampai pada pemerintah daerah termasuk kepedulian terhadap peningkatan daya saing produk dalam negeri sehingga dapat memperkuat daya saing pasar dalam negeri itu sendiri. Sebagaimana dalam upaya memberdayakan dan mengoptimalkan pasar produk lokal dalam negeri.

“Mari kita terus mendorong meningkatkan penggunaan produk dalam negeri  termasuk pula mengkonsumsi makanan berbasis sumber daya lokal sebagai wujud kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri dan produk-produk lokal,” himbau eman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon Ruddie Lengkong, SSTP., dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan solidaritas, rasa persatuan, dan kesatuan bangsa melalui identitas produk buatan nasional, semakin berkembangnya ekonomi rakyat, meningkatnya pendapatan masyarakat, mengurangi terjadinya kecemburuan sosial akibat ketimpangan pendapatan, dapat membendung impor barang konsumsi dari Negara lain, serta memperkuat dan meningkatkan ketahanan nasional.
dan dihadiri oleh Asisten Bidang Adminsitrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang, M.Sc., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon Ruddie Lengkong, SSTP., Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sulawesi Utara Ir. Hanny Wayong, M.Si., serta para pelaku usaha dan konsumen yang ada di Kota Tomohon.(michael)