Iklan

October 9, 2016, 23:27 WIB
Last Updated 2016-10-10T06:27:24Z
Tomohon

SAS Hadiri Sosialisasi FKUB dan Tokoh Agama


SAS Saat memberikan sambutan

Jurnal,Manado - Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengatakan bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengalaman agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara didalam Negara kesatuan Republik Indonesia. Hal ini diungkapkannya saat membuka kegiatan sosialisasi/dialog peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama di Kota Tomohon yang dilaksanakan di aula kantor Walikota senin (10/10/2016).

Ditegaskannya, pemerintah Kota Tomohon dan kita semua selaku masyarakat berkewajiban untuk menjaga dan memelihara stabilitas Kota Tomohon yang aman, tenteram, tertib, serta bermoral dan beritika sebagai aspek penting dalam mendukung kelancaran roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah.

"Saya berharap kegiatan ini akan mendapatkan solusi dan langkah-langkah kaitannya dalam mendorong terciptanya interaksi positif terhadap masyarakat untuk hidup berdampingan yang rukun dan damai serta sejahtera,"ucap Sompotan. Kesempatan itu Wawali SAS menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan peserta.

Sementara itu Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Drs Paulus Roring menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pemahaman tentang peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 yang merupakan pedoman sebagai salah satu bentuk hukum pelaksanaan tugas Walikota dan Wawali dan juga acuan bagi pengurus FKUB Kota Tomohon. "Tujuan kegiatan ini adalah agar terciptanya situasi dan kondisi yang mendukung kelancaran roda pemerintahan, pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di Kota Tomohon", jelas Roring. Peserta dalam kegiatan yakni pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para tokoh agama se Kota Tomohon yang berjumlah kisaran 200 orang. Hadir sebagai narasumber Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI Ferimeldi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt Cynthia Sepang, Ketua FKUB Pdt Joy Palilingan MTh, Kajari Kota Tomohon diwakili Kasi Intel Wilke Rabeta SH, hadir juga Assisten pemerintahan dan kesra Dra Truusje Kaunang.(michael)