Iklan

September 28, 2016, 06:52 WIB
Last Updated 2016-10-10T22:39:27Z
Manado

Walikota Sepakat Pengelolaan Sampah Regional



Jurnal,Manado - Rencana hebat dan cerdas guna mengatasi permasalahan sampah di Manado dan sekitarnya, yang semakin hari semakin banyak, seiring dengan makin pesatnya perkembangan daerah ini.

Untuk itu, Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) pada Rabu (28/9/2016), menghadiri pertemuan terkait kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Bersama Regional Manado-Minut-Bitung dan Minahasa, yang dipimpin Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw di ruang kerjanya, kantor Gubernur Sulut Jl 17 Agustus Teling.

"Ini berupa kesepakatan bersama tentang kerjasama pelayanan antar daerah terkait pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Semua daerah yakni kabupaten/kota, tentunya ingin melakukan yang terbaik guna bisa menjadikan wilayahnya bersih dan nyaman,” ujar Walikota GSVL.

Dirinya kembali menegaskan bahwa, saat ini pemerintah sedang membentuk imej bahwa kebiasaan untuk mendapatkan penghargaan Adipura atas kebersihan suatu kota, itu bukanlah segalanya. Tapi yang terpenting adalah, kebersihan serta kesehatan warga masyarakat itu sendiri. “Selama ini kita fokus mengejar Adipura, namun hal itu bukanlah segalanya dan bukan menjadi tujuan. Tetapi bagaimana kita menjadikan kota itu bersih dan sehat terlebih dahulu. Saya kira dengan demikian, maka Adipura juga akan ikut serta,” tukas Walikota Manado dua periode itu.

Karena itu, Walikota GSVL memberikan pujian kepada Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) yang telah memfasilitasi pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama ini. “Kami Pemkot Manado sangat mengapresiasi dan bangga atas pertemuan dan kegiatan inisiatif yang di lakukan pihak Pemprov Sulut ini, agar kedepan warga di daerah Nyiur Melambai Sulut boleh cerdas dan hebat tentunya kedepan dalam memelihara lingkungan yang bersih dan sehat," tandas Walikota GSVL.(man)