Iklan

February 2, 2017, 04:20 WIB
Last Updated 2017-02-02T12:20:20Z
Tomohon

Tomohon Satu - Satunya Kota di Sulut Tandatangani MoU Dengan KPK



Walikota Tomohon Saat Menghadiri Kick Off Meeting diPalu
Jurnal,Tomohon - Walikota Tomohon hadir pada “KICK OFF MEETING” Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegritas Bertempat di Auditorium Kantor Walikota Palu Sulawesi Tengah.

“KICK OF MEETING” Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegritas, merupakan bentuk pendampingan oleh KPK bagi Pemerintah Daerah dalam rangka pencegahan korupsi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Satgas Pencegahan Korupsi KPK Adlisah M. Nasution, dan dihadiri juga oleh Tim Pendamping dari Bapelitbang, Akademis, LSM, Media dan Praktisi dari birokrat senior.
Kota Tomohon diundang dalam kegiatan, karena saat ini Tomohon merupakan satu-satunya kota di Sulawesi Utara yang telah menandatangani MoU dengan KPK untuk pelaksanaan e-Government dalam rangka pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Untuk 6 (enam) bulan kedepan, KPK akan memantau 7 (tujuh) daerah dalam pelaksanaan rencana aksi, dengan Target 6 (enam) bulan evaluasi dan bulan ke-8 (delapan) launching. Untuk itu dibutuhkan peran aktif Diskominfo dalam penyediaan dan pengembangan jaringan. Diingatkan juga untuk aplikasi yang sudah jadi harus dilengkapi dengan standar satuan harga, analisi harga satuan.

Dalam kegiatan tersebut Walikota Tomohon memaparkan tentang rencana aksi pencegahan korupsi terintegritas antara lain : Membuat regulasi-regulasi pelimpahan wewenang untuk 17 perijinan dan 7 non perijinan di Kota Tomohon, Pelaksanaan e-Musrenbang yang sementara berlangsung di kelurahan se-Kota Tomohon, memberdayakan potensi daripada ASN maupun tenaga kontrak yang memiliki kompetensi, rencana pemasangan beberapa tower agar tidak ada lagi blank spot sehingga hal tersebut akan mendukung pelayanan yang berbasis aplikasi elektronik. Disampaikan juga bahwa pembangunan infrastruktur berupa tower dan perlengkapan jaringan lainnya telah dianggarkan dalam APBD 2017.

“Saya harap, tindak lanjut dari kegiatan KICK OF MEETING ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan lanjutan berupa progres meeting pada bulan Agustus 2017 di Kota Tomohon, sehingga bupati/walikota dan KPK dapat turut hadir dalam kegiatan TIFF, Tomohon siap jadi tuan rumah,”terang Walikota.

Apresiasi yang besar diberikan kepada Kota Tomohon yang telah nampak progressnya, dilihat dari laporan yang secara langsung disampaikan oleh Walikota Tomohon. Dimana nampak jelas apa yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon melalui e-Government, dalam rang mendukung program EMAS –smart city service-, untuk menciptakan kota cerdas. Pemanfaatan teknologi informasi lebih muda, murah, cepat, tepat dan akurat.

Sementara itu, Wakil Walikota, Sigit Purnomo (Pasha Ungu) memberikan apresiasi kepada Walikota Tomohon terutama dalam upaya pengembangan pariwisata.
“Tahun ini Insyah Allah saya hadir dalam acara TIFF di Tomohon” ujar sigit.

Yang diundang hadir dalam kegiatan mendampingi walikota : Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Inspektur Kota, Kepala Bapelitbang, Kepala BKPPD, Kepala BPMPTSP, Kadis KOMINFO, Staf Ahli Walikota bidan Hukum, Kabag Hukum, Kabag Perlengkapan, dan masing-masing didampingi 2 (dua) pejabat atau staf yang berkompeten.(michael)