Iklan

August 22, 2017, 02:01 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Tanggung Jawab Moral, LKIP Harus Naik Peringkat

Jurnal,Mitra – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Ir Farry Liwe M.Sc membuka kegiatan Evaluasi Penyusunan LKIP di Hotel Grand Puri Manado, Senin (21/8) dalam kegiatan tersebut dirinya meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah lebih profesional menjalankan tugas negara dengan memperhatikan standarisasi kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi.

Liwe juga menegaskan Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) harus lebih profesional lagi mengambil peran dalam rangka akurasi pelaksanaan sistem tata kelola pemerintahan. Kinerja lebih ditingkatkan lagi sebagai bentuk tanggungjawab moral kita sebagai aparatur."Saya minta semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah bertanggungjawab penuh sekaligus proaktif memperhatikan masalah kinerja ini sebagai bentuk respon terhadap visi dan misi Bupati dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan. Saya nda mau tahu, untuk penyajian LKIP kali ini harus naik peringkat dari CC ke B,” tegasnya yang didampingi Kabag Ortal Maya Daming. 

Lebih lanjut dikatakannya, LKIP merupakan wahana untuk menyampaikan pelaporan kinerja dalam meningkatkan akuntabilitas dan pencapaian kinerja yang dapat diukur dari misi, tujuan, sasaran, program dan kegiatan yang dilakukan, sesuai amanat dalam Rencana Strategis (Renstra). Menurutnya, pengukuran Kinerja dilakukan dengan merujuk kepada indikator kinerja yang telah ditetapkan dan direalisasikan setiap tahun.“Pertanggungjawaban yang tepat, jelas, terukur legitimate mutlak disajikan dalam penyusunan LKIP. Semua ini tergantung kita. Makanya saya tegaskan lagi agar kita melaksanakan tugas dengan baik, profesional dan bertanggungjawab,” tukas Liwe sembari berharap LKIP dapat mendapat nilai memuaskan seperti capaian hasil yang diraih atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). (hak)