Iklan

October 4, 2018, 05:16 WIB
Last Updated 2018-10-04T12:16:59Z
Tomohon

Eman Buka Pelatihan Tanaman Perkebunan dan Peternakan Babi

Jurnal,Tomohon - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak membuka Pelatihan Penangkaran Benih Tanaman Perkebunan Dan Pelatihan Peternak Babi yang dilaksanakan di aula pertanian dan ikuti sekira 50-an peserta. 

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi perkebunan di Tomohon, seperti cengkih 1300ha, Gula aren 190ha.

"Disini juga terdapat salah satu tanaman Palma yaitu Akel Toumuung disahkan oleh kementerian pertanian dan hanya terdapat di kota tomohon yang sekarang mulai dibudidayakan hingga pelosok Indonesia," terang Eman. Sembari mengatakan, lewat pelatihan ini kita berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pemanfaatan kelompok sehingga bisa memaksimalkan bahan yang ada, untuk menghasilkan produksi yang berkualitas, sehingga berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat. 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Ir. Vonny Pontoh, MBA menuturkan, pihaknya selalumemberikan fasilitas dan bibit yang terbaik bagi petani. 

"Dengan begitu, upaya memenuhi kebutuhan masyarakat bisa kita penuhi. Kita juga menyiapkan bantuan berupa Alat mesin pertanian (Alsintan) dan bibit baik ternak babi maupun tanaman perkebunan," jelas Pontoh. 

Selaku narasumber dalam pelatihan tersebut yakni Ir. Elsye Tenda dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Martje Sumolang dari pemerhati lingkungan, drh. Eudia Kalalo dokter hewan dari PT Malindo, drh Efraim Fatra dari PT Sanbe Farma, serta seluruh peserta pelatihan.(wins)