Iklan

November 22, 2018, 05:20 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:38:26Z
Pemerintahan

Karya Kumendong Yaitu LPPD Berbasis Aplikasi dan Website Dinilai Tim Penguji Sangat Mampu Beri Perubahan

Jurnal,Manado - Gedung Melati milik Badan Pengembangan SDM Provinsi Bali, yang terletak di Kawasan Hayam Wuruk 152 Sanur Bali, Kamis (22/11/2018) menjadi saksi lahirnya inovasi baru Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Elektronik (E-LPPD) berbasis Aplikasi dan Website Oleh DR. Jemmy S. Kumendong, M.Si, sebagai produk utama yang diajukan dalam Proyek Perubahan Baru Diklat PIM II Angkatan XII dipenghujung tahun 2018.

Dengan mengenakan Setelan baju berdasi merah, tampak Pria yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulut ini berdiri dan sesekali berjalan mengamati situasi di dalam ruang sidang yang sedang digunakan oleh perwakilan Peserta Diklat PIM II untuk memaparkan hasil karya mereka. Tak jauh darinya, tengah duduk tenang Drs. Edison Humiang yang sengaja dihadirkan sebagai mentor dalam momen ini, sedang mempelajari bahan uji E-LPPD Pemprov. Sulut, dengan sesekali memberikan motivasi juga semangat kepada Karo Jemmy.

Berdiri menghadap DR. Makhdum Priyatno, MA sebagai Ketua Tim Penguji yang juga kesehariannya sebagai Ketua STIA LAN Jakarta didampingi oleh Drs I Nyoman Marida, MS, Sebagai pembimbing/pembimbing, Bersama Drs. Edison Humiang, MSi yang menjadi Mentor. Walau diwarnai sedikit kendala teknis, namun Karo Jemmy segera menguasai situasi dan mulai memaparkan hasil inovasinya dalam proyek perubahan E-LPPD.

E-LPPD sendiri merupakan proyek inovasi yang bertujuan mempermudah ASN terkait dalam pengisian data LPPD secara manual; mengurangi factor human error; serta membantu pimpinan dalam menjalankan fungsi kontrol atas kinerja Perangkat Daerah (PD), yang menurut hasil evaluasi LPPD cenderung menurun dalam grafik dilima tahun terakhir. Sebuah hasil yang berbanding terbalik dengan fakta pembangunan Sulut yang terus berkembang pesat dilapangan.

Diawali dengan keraguan namun berakhir dalam kepastian, dengan meraih hasil yang sangat memuaskan atas penilaian Tim Penguji. Dalam testimoninya, Priyatno selaku ketua Tim Penguji, menitipkan agar proyek ini terus dikawal pelaksanaannya untuk jangka panjang, karena dapat diproyeksikan bahwa inovasi ini sangat berguna bahkan mampu membawa perubahan terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Kedepan yang semakin Hebat. Senada dengan itu, Humiang menambahkan bahwa inovasi ini telah ditetapkan dalam anggaran APBD Pemprov. Sulut 2019 untuk terus dikembangkan menjadi terintegrasi dengan program pemerintah yang serupa semisal simda dan sipeg, dan penerapannya akan dikawal hingga menjadi percontohan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sulut.

Adapun beberapa catatan dari penguji yakni Inovasi sesuai Rancangan Proyek Perubahan,  Proyek Perubahan berguna untuk Provinsi, tidak hanya SKPD, 3),  Dukungan Stakeholder kuat,  Pernyataan Dukungan Kuat, termasuk kerjasama dari rekan Pers dan JIPS dalam mempublikasikan tahapan Proyek Perubahan.

"Rancangan proyek perubahan ini bisa berhasil berkat kerja keras bersama, serta dukungan semua pihak diantaranya rekan kerja Pers dan JIPS yang selalu mendukung dalam publikasi sehingga program E-LPPD ini dapat dikenal oleh stakeholders terkait," ujar Karo Kumendong.

Dalam momen tersebut, Kumendong yang didampingi Danny Tamara, SSTP, M.Si selaku Kasubag Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Kapasitas Daerah, bersama DR. Mario Tulenan, S.Kom, MTi sebagai pengembang Aplikasi dan Website E-LPPD yang juga keduanya dimintai testimoni terhadap inovasi ini, mendapatkan hasil dalam kategori Sangat Memuaskan dari Tim Penilai.(tim)