Iklan

June 10, 2019, 09:56 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Roling Pekan Depan,Pejabat Mitra Rajin Stor Muka

Jurnal,Mitra - Roling besar besaran dilingkungan pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bakal digelar pekan depan. Hal ini ditegaskan Bupati James Sumendap kepada sejumlah wartawan Senin kemarin.

"Saat ini sedang dilakukan asesmen terhadap sejumlah pejabat. Nah hasil ini akan menjadi acuan untuk dilakukan roling. Pekan depan sudah kita laksanakan," tegas Sumendap.

Dirinya mengatakan, jika saat ini adalah era kompetensi. Maka dari itu roling dilakukan secara objektif dan bukan didasarkan atas suka atau tidak suka. Sebab untuk mewujudkan visi dan misinya, membutuhkan jajaran yang punya kompetensi.  sejak dirinya menjabat, roling besar baru akan dilakukan hari ini dengan harapan bisa menciptakan penyegaran dalam rangka peningkatan kinerja.

"Kan sejak saya menjabat, baru kali ini dilakukan roling besar-besaran. Saya tidak punya beban atau hutang apa-apa, tidak ada kolusi disini. Jangan ragukan independensi saya, tidak ada yang diistimewakan. Anda akan lihat nanti," terang Sumendap.

Menariknya juga bupati Mitra dua periode ini memastikan jika akan ada banyak pejabat yang akan dievaluasi. Baik itu promosi ataupun harus tereliminasi. Dia berharap Panitia Seleksi (Pansel) bisa memberikan referensi objektif sebagaimana hasil assesmen terhadap sejumlah pejabat.

"Untungnya disini tidak ada pejabat bermarga Sumendap. Jangan sampai nanti dibilang saya bela sudara atau kerabat dekat," bebernya sembari bercanda.

Sementara anggota Panitia Seleksi (Pansel) pejabat Pemkab Mitra, Miky Tumimomor ikut memastikan jika hasil asesmen sudah selesai dilakukan. Pihaknya tinggal mengajukannya ke bupati untuk ditindaklanjuti.

"Kita lakukan dengan ketat. Sebab ini sebagaimana yang diharapkan bupati. Tidak pandang kawan atau orang dekat. Apalagi Pansel juga terdiri dari para akademisi yang tidak diragukan kredibilitasnya," ujar Tumimomor.

Sementara terkait dengan agenda roling ini, terpantau sejumlah pejabat kian gencar menyetor muka. Hal ini terlihat pada sejumlah agenda bupati pada beberapa pekan terakhir ini.

Ketua LSM Gema Mitra, Viddi Ngantung mengatakan, ada fenomena lazim yang ditunjukan pejabat.

"Banyak yang sudah rajin hadir menyetor muka. Ini jurus lama lama para pejabat. Tapi saya yakin bupati punya pertimbangan objektif untuk menentukan siapa yang layak dan siapa yang belum layak masuk jajarannya," ujar Ngantung.

Dia sedikit memberikan masukan bagi bupati sebagai pengambil keputusan untuk lebih memprioritaskan pejabat kreatif dan mampu berinovasi. Hal ini seiring tingginya ekspektasi masyarakat terhadap kinerja pejabat.

"Artinya keberhasilan pemerintahan James Sumendap nantinya akan sangat bergantung pada kinerja jajarannya. Sudah cukup lama kesempatan diberikan bagi pejabat untuk menunjukan kinerja, Apalagi ketika pemberlakukan e-kinerja. Saya rasa tidak sulit juga untuk mengukur apakah pejabat tersebut masih layak untuk dipertahankan atau sebaliknya. Kemudian saran saya, alangkah baiknya memilih pejabat yang mudah, energic, loyal dan tentu punyà kreatifitas serta inovatif," tutup Ngantung (hak)