Iklan

July 1, 2019, 14:04 WIB
Last Updated 2019-07-01T21:03:59Z
Pendidikan

OSN SMA 2019 Berdampak Pada Sektor Pariwisata

JurnalManado - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE membuka secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2019 di Grand Kawanua Convention Center Manado, Senin (01/07).

Menariknya pada kesempatan ini Gubernur Olly sempat menggunakan pakaian atau jas laboratorium (Jas lab) serta melakukan aktivitas layaknya peneliti di laboratorium.  

Gubernur Olly pun memberikan motivasi kepada seluruh peserta OSN SMA 2019 untuk dapat menunjukkan prestasi terbaiknya dalam ivent tahunan yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI ini.

“Selamat berlomba kepada peserta OSN SMA Tahun 2019. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menganugerahkan kesehatan dan mengkaruniai kecerdasan dan menyertai setiap langkah dan karya kita semua,” katanya.

Dia menuturkan bahwa Pemprov Sulut dan seluruh masyarakatnya menyambut gembira atas dipercayakannya Sulut oleh pemerintah pusat sebagai tuan rumah OSN SMA 2019.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah mempercayakan Provinsi Sulawesi Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan OSN SMA Tahun 2019,” ungkap Gubernur Olly.

Lanjutnya, pelaksanaan acara OSN dan kegiatan kelas nasional lainnya membawa keuntungan bagi sektor pariwisata Sulut.

“Penyelenggaran berbagai kegiatan termasuk OSN telah membawa berkat bagi perekonomian masyarakat Sulawesi Utara,” beber Olly.

Lebih jauh, Olly juga mengusulkan penambahan tenaga guru di Sulut kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi yang hadir dalam pembukaan OSN SMA 2019.

“Saat ini hampir setiap hari selalu ada guru yang pensiun di Sulut. Saya harap Bapak Sekjen bisa menyampaikannya di pusat supaya ada penambahan guru di Sulut,” ungkap Olly.

Diketahui, OSN SMA 2019 diikuti sebanyak 685 siswa dari seluruh Indonesia. Adapun khusus peserta utusan sulut sebanyak 26 siswa. Selain itu masih ada sekitar ratusan pendamping, juri dan panitia pusat yang menghadiri OSN di Sulut

OSN SMA 2019 melombakan sembilan mata pelajaran yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika, astronomi.

Adapun lokasi pelaksanaan OSN SMA 2019 di SMA Eben Haezar Manado, SMAN 1 Manado, SMAN 9 Manado, SMA Rex Mundi Manado, SMA St. Nikolaus Tomohon, SMA MIS Kolongan, SMKN 1 Manado dan SMKN 2 Manado.

Sementara itu, Sekjen Kemendikbud RI Didik Suhardi mengatakan, OSN sebagai ajang prestasi dan arena pemilihan kandidat-kandidat terbaik Indonesia untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional yang secara konsisten diikuti Indonesia hingga saat ini.

“Para siswa juga diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dapat belajar membangun jejaring dan menjalin persahabatan dan persatuan serta menunjukkan prestasi yang lebih membanggakan lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Disamping itu, menurut Suhardi, OSN menjadi kawah candradimuka generasi emas Indonesia. OSN terus dikembangkan di tengah upaya memeratakan dan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Selain sebagai pembinaan bakat dan potensi olah pikir peserta didik dalam bidang sains, ajang itu sekaligus wujud pembinaan literasi sains yang paling konkret dan melatih tumbuhnya karakter siswa yang jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, unggul, dan cinta Tanah Air.

Adapun pembukaan OSN SMA 2019 turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala Dinas Pendidikan Sulut Dr Grace Punuh dan para pejabat Pemprov Sulut.

"Kami berharap dan optimis para siswa yang mewakili Sulawesi Utara akan memberikan hasil terbaik pada Olimpiade Sains Nasional ini, sebab sebelumnya para perwakilan kita mampu meraihnya," tambah Kadis Diknas Sulut Grace Punuh.(*jm)