Header Ads

Aparat Desa Apresiasi Kunker Komisi I DPRD

Jurnal,Mitra - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan agenda kunjungan kerja (Kungker) di Kecamatan Tombatu Timur, Selasa (17/12/2019).


Kungker dalam rangka optimalisasi kinerja pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa tersebut dihadiri camat Tombatu Timur Sonni Kawalo, para hukum tua, sekretaris desa, bendahara desa, serta BPD se kecamatan Tombatu timur (Tomtim).


Ketua komisi I DPRD Mitra Artly Kountur pada kesempatan tersebut mengatakan, agenda kungker ini sekalian dengan tatap muka perkenalan dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Tombatu Timur.


"Sebenarnya kami turun langsung ke lapangan, namun ini adalah perkenalan kami komisi I DPRD sesuai bidang kami yaitu pemerintahan. Maka kami langsung bertatap muka dengan pemerintah kecamatan, juga pemerintah desa, dalam hal ini hukum tua, sekretaris desa, bendahara desa serta BPD yang ada di Tombatu Timur," kata Kountur. 


Masalah lain yang diangkat dalam kunjungan kerja ini, ungkap Kountur, adalah juga soal kedudukan protokoler anggota DPRD Kabupaten Mitra.


“Kami memberikan pemahaman berdasarkan regulais yang ada terkait dengan kedudukan dan protokoler anggota DPRD. Sebab, ada juga hukum tua dan aparat desa yang rupanya belum begitu paham soal ini, meskipun ada juga anggota DPRD yang sebenarnya sudah paham tetapi enggan menjalankan hal ini,” ungkapnya.


Kountur juga menambahkan, pemerintah desa harus focus ke Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RPJMDes).


"Jangan terlalu focus ke dana desa di tahap 3 ini, tapi ke RPJMDes karena hal ini penting dalam program 6 tahun ke depan," ujar Babul sapaan Ketua komisi I DPRD Mitra tersebut yang di dampingi sejumlah anggotanya, Tommy Lumintang dari Fraksi Golkar, Rasni Pontororing dari Fraksi Gerindra, Fitria Asahan dari Fraksi Demokrat, Heidy Tumbelaka dan Sophia Antou dari Fraksi PDI-P.


Sementara itu kungker tersebut diapresiasi aparat desa. "Selaku aparatur desa kami berterima kasih dan salut kepada Komisi 1 DPRD Mitra yang telah memberikan pencerahan, serta membuka wawasan kami dalam menjalankan roda pemerintahan di desa dan ini merupakan hal yang sangat baik," ucap Novi Panekenan Kumtua Desa Mundung.(hak)


Diberdayakan oleh Blogger.