Iklan

January 23, 2020, 05:38 WIB
Last Updated 2020-01-23T13:38:33Z
Manado

Disambut Camat Deysi Kalalo , Walikota GSVL tatap Muka bersama Lurah dan Kepala Lingkungan di Kecamatan Wenang

Jurnal Manado - Walikota Manado, DR. Ir. GS. Vicky Lumentut SH, MSi, DEA melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Wenang, Kamis (23/01) hari ini.

Kedatangan Walikota disambut oleh Camat Wenang Deasy Kawalo beserta jajarannya di Kecamatan Wenang, baik Lurah, Kepala Lingkungan, Kepala Sekolah di wilayah Wenang dan lainnya.

Dalam arahannya, Walikota mengatakan, para kepala lingkungan harus paham betul kondisi wilayah termasuk batas wilayah dan warga.
“Jangan sampai karena tidak tahu batas wilayah, lalu muncul masalah belakangan. Harus tahu juga, warga di wilayah itu siapa saja, sehingga bisa tahu kalau ada pendatang,” ujar Walikota.

Lebih lanjut, ditegaskannya , warga yang dimaksud termasuk lansia yang perlu mendapat perhatian ekstra, terutama akan berkaitan dengan penerimaan bantuan dari pemerintah kota untuk lansia.
“Lansia itu harus di data tanpa ada yang terlewat, satupun. Di data tanpa melihat faktor latar belakang atau suka tidak suka karena bantuan lansia itu program Walikota dan Wakil Walikota bukan partai tertentu. Jangan sampai ada yang terlewat, jangan sampai, salah kepala lingkungan karena tidak mendata, lalu yang disalahkan adalah Walikota,” tegasnya.

Walikota juga menegaskan, seluruh aparat pemerintahan, khususnya kelurahan, yaitu lurah dan kepala lingkungan harus tahu potensi wilayah masing-masing terutama yang bisa memicu kerawanan, baik bencana maupun tarkam.
Mengenali penyebab terjadinya bencana dan tarkam harus dicari tahu dan dicarikan solusinya, seperti lingkungan yang tidak bersih atau tingkat konsumsi minuman keras yang tinggi di wilayah tersebut.

“Cari solusi dan koordinasi dengan babinkamtibmas dan babinsa di wilayah masing-masing,” kata Walikota kembali.
Ketua Dewan Pembina APEKSI ini pun mengatakan, setiap kepala lingkungan harus tahu perkembangan dan informasi terkini di wilayahnya masing-masing, termasuk pembangunan baru baik untuk usaha ataupun untuk rumah tinggal.

Apabila menemukan pengerjaan proyek, kepala lingkungan adalah yang pertama untuk turun tangan
“Harus tahu punya ijin atau tidak. Kalau tidak, segera tindaklanjuti untuk pengurusan ijin,” ucap Walikota.

Turut mendampingi Walikota, Asisten 1 Setda Kota Manado Heri Saptono, Asisten 2 Setda Kota Manado dr Nora Lumentut, Kepala BKD Xaverius Runtuwene, Kadis DPM-PTS Charles Rotinsulu, Kadis Kesehatan dr Ivan Marthen, Kadis Pariwisata Lenda Pelealu, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Julises Oehlers, Kasat Pol PP Yohanes Waworuntu, Direktur RSUD drg Danil Marentek, Kabag Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang. (Ipeh)