Header Ads

Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), Turunkan Angka Desa Sangat Tertinggal di Sulut

JurnalManado – Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) merupakan visi dan misi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang saat ini terus diwujudkan.

Terbukti, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPMDD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bahwa Data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2015 sebanyak 84 desa dan ditahun 2019 tinggal 12 desa.

"Ini artinya angka desa sangat tertinggal menurun drastis, saat ini hanya tinggal 12 desa saja. Artinya program ODSK berjalan dengan baik," kata Kepala Dinas DPMDD Roy Mewoh, saat diwawancarai, Rabu (8/01/2020).

Lanjut Mewoh, Adapun indikator yang menjadikan desa itu masih tertinggal diantaranya dilihat dari sisi pemerintahan, kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan sampai jarak pemerintah ke pelayanan kesehatan diukur.
“Dan sesuai analisis lapangan ditetapkan kurang 12 desa yang masih sangat tertinggal di Sulut,” tukasnya. Sembari menambahkan bahwa 12 desa tersebut yaitu 6 desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Minahasa Selatan 1 desa, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) 3 desa dan 2 desa terdapat di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Data dana desa TA. 2020 Provinsi Sulawesi Utara Jumlah kabupaten 12, jumlah kec 140, jumlah Desa 1.507 alokasi Rp. 1,241,529,043,008.(man)

Powered by Blogger.