Iklan

January 22, 2020, 16:42 WIB
Last Updated 2020-01-23T00:42:43Z
Dinamika

Sulut Tuan Rumah Pekan Kerukunan International Yang Akan Dihadiri 25 Perwakilan Negara Dunia

Jurnalmanado.com - Sulawesi Utara kembali dipercayakan 25 negara sebagai tuan rumah Pekan Kerukunan International yang akan berlangsung 13-20 April 2020.

Menurut Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Kepala Kesbangpol Sulut Evans Steven Liow menuturkan Pilgrimage of Justice and Peace akan menjadi isu utama dalam konferensi yang akan diikuti oleh 25 Negara.

"Yang menjadi fokus isue terkait pentingnya keterlibatan umat antar agama menjadi pembawa damai dan toleransi antar umat agama, selain itu mempromosikan dunia untuk bebas nuklir, peduli kemanusiaan, ancaman kesehatan, perubahan iklim, keadilan ekologis dan ekonomi serta sumberdaya," beber Liow.

Liow menambahkan dalam agenda ziarah keadilan dan perdamaian dalam Pekan Kerukunan International akan mendorong terciptanya semangat kemanusian yang adil dan beradab.

Dengan begitu tambah Liow, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK)akan jadikan Sulut Daerah Pariwisata Religi dan Alam.

"Sejak dahulu Manado Minahasa  terkenal dengan jalur perdagangan sehingga jangan kaget kita memiliki kampung Arab kampung Cina di pusat perdagangan di ibukota Provinsi. Dimana bangsa-bangsa eropa berdagang mencari rempah di Indonesia melewati pelabuhan Manado. Inilah semangat OD-SK dalam pekan kerukunan international nanti serta membumikan Pancasila disaat acara tersebut agar para tamu mengetahui identitas ideologi Pancasila bisa mebawa Indonesia rukun, damai, aman dan nyaman," jelas Liow.

Lanjut Liow, Gubernur akan menjelaskan letak geografis Sulawesi Utara sebagai jembatan utama dalam perdagangan dunia yang menghubungkan "jalur rempah dunia dan jalur sutera dunia"

"Sulut yang nantinya akan menjadi jalur perdagangan dunia dapat terhubung dengan baik. Bukan hanya memberi pesan kerukunan tetapi akan membangun jembatan emas yang kokoh, jalur sutra dan jalur rempah yang baik. Jalur perdagangan yang punya potensi masa depan yang baik karena sampai hari ini sudah delapan kota terhubung antara Manado-Tiongkok, nantinya jepang korea, australia," kata Liow.

Liow menambahkan, Gubernur Olly Dondokambey berhara Sulut akan menjadi tempat berdagang dengan bebas dan aman serta nyaman.

Dalam konferensi internasional ini bakal dihadiri Sekjen World Council of Churches/WCC
Menkopolhukam dan dari  Evangelische Mission in Solidaritat (EMS).(tim)