Camat Kawalo Himbau Agar Pembeli Vanili Tidak Membeli Tanpa SuKet Desa

Jurnal,Mitra - Antusias warga khusunya Petani di Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sangat tinggi dalam membudidayakan tanaman Vanili.

Kepala Krcamatan Tombatu Timur Drs Sonni Kawalo diberbagai kegiatan baik acara suka maupun duka terus mensosialisasikan kepada seluruh warga terkait nantinya akan memanen Vanili."Nantinya Para Hukum Tua wajib membuatkan Surat Keterangan (Suket) kebenaran kepemilikan Vanili kepada warga, agar bisa melakukan transaksi penjual kepada pembeli, Jika kedapatan ada yang menjual tanpa Suket maka harus di pertanyakan," ujarnya.

Lebih lanjut Kawalo menjelaskan bahwa hal tersebut sangat penting untuk mencegah akan terjadinya pencurian Vanili."Ini akan mempersempit ruang bagi oknum-oknum yang tidak bertangung jawab yang suka mencuri vanili, jadi para Hukum Tua wajib menginventarisir kepemilikan vanili di desa masing-masing," Tegas mantan Sekretaris Didukcapil.

Ditambahkannyapula bahwa hingga saat ini di wilayah kecamatan tombatu timur dilaksanakan Jaga Malam untuk di setiap desa (hak)
Diberdayakan oleh Blogger.