Header Ads

Kejuaraan Beregu Asia 2020. Filipina Larang Cina dan Hong Kong Datang

Jurnalmanado.com - Para pemain bulu tangkis China terancam batal tampil di Kejuaraan Beregu Asia 2020 lantaran Filipina menolak karena kecemasan mengenai penyebaran virus corona.

Tampaknya sangat mungkin Kejuaraan Beregu Asia di Manila pekan depan akan terpengaruh oleh kekhawatiran yang berkembang terhadap wabah virus corona yang berasal dari Wuhan.

Meskipun Kejuaraan Beregu Asia di Rizal Memorial Coliseum pada 11-16 Februari tidak mungkin ditunda, para pemain China dan Hong Kong mungkin saja tidak dapat bersaing di dalamnya, karena Filipina, selaku negara penyelenggara, melarang kedatangan dari Negara Tirai Bambu untuk saat ini.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sebenarnya tak melarang partisipasi para atlet China dalam turnamen-turnamen internasional, namun Federasi Badminton Asia (BA), yang merupakan badan yang menaungi wilayah Asia, sejauh ini diam tentang masalah ini.

“Saya tidak bisa mengomentarinya sekarang. Jika ada kebutuhan untuk itu, kantor kami akan mengeluarkan siaran pers," kata salah seorang pejabat Badminton Asia.

Bahkan asosiasi anggota Asia tidak yakin jika larangan perjalanan akan melibatkan tim China dan Hong Kong. Sekretaris Jenderal Federasi Badminton Malaysia (BAM) Datuk Kenny Goh tidak terlalu senang dengan kurangnya informasi.

"Mereka belum memberikan informasi yang cukup dan jika mereka tidak memberi tahu, bagaimana kami bisa tahu apa yang terjadi?" kata Kenny. “Saya tidak mengerti mengapa mereka tidak bisa menangani aliran media dengan lebih baik. Apa yang salah dalam memberikan informasi seperti itu."

China berada di Grup B bersama dengan Hong Kong dan Thailand di kompetisi putra, sementara tim putri mereka berada di Grup Z bergabung dengan Taiwan dan Singapura. Tim putri Hong Kong berada di Grup W bersama dengan Jepang dan Malaysia.

Jika tim putra dan putri China dan Hong Kong dilarang memasuki Filipina, kedua tim tidak akan lolos ke pentas yang lebih besar karena kejuaraan ini juga berfungsi sebagai kualifikasi Piala Thomas dan Piala Uber di Denmark pada 16-24 Mei mendatang.(bola/jmc)
Powered by Blogger.