Iklan

February 6, 2020, 11:49 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:18:05Z
Politik

Sekretariat DPRD, Gelar FGD Se-Sulut.

JurnalManado - Forum Komunikasi (Forkom) Sekretariat Dewan (Sekwan), menggelar Fokus Group Disscusion (FGD) se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di gelar di ruang rapat serba guna lantai lll,  Kantor DPRD Sulut.

Hal ini disampaikan panitia pelaksanaan FGD yang dibacakan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Dammy Tendean SE MSi.

 Menurut Tendean pelaksanaan FGD tersebut bertujuan  sebagai sarana atau wadah konsultasi publik Sekwan Provinsi dan sekwan Kabupaten/Kota.

"Adapun maksud dari FGD ini adalah sebagai sarana konsultasi publik yang merupakan dasar penyusunan rencana kerja sekretariat dprd provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulut tahun 2021.

Hal ini mengacu pada amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) nomor  86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan dan pengendalian evaluasi pembangunan daerah,"ucap Tenduca kepada JurnalManado.com Kamis (6/2/2020).

Tujuan pelaksanaan, Tendean menambahkan pelaksanaan FGD merupakan sarana sinkronisasi program kegiatan sekretariat DPRD Sulut dengan Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota.

"Menampung usul saran kegiatan dalam rangka penyempurnaan rencana kerja.
Sebagai sarana komunikasi mencapai kesepahaman dalam menemukan solusi terhadap masalah-masalah implementasi tugas dan fungsi sekretariat DPRD," jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Sulut melalui Asisten III Setda Provinsi Sulut Asiano Gemmy Kawatu (AGK) saat membuka FGD tersebut berharap dalam kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kerja dan kinerja sekwan dalam pembangunan daerah dan bangsa yang didalamnya merupakan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai salah satu kancah daerah dalam tatanan pemerintah provinsi Kabupaten dan Kota dipahami bahwa Sekwan merupakan unsur pelayanan administrasi dalam memberi dukungan dalam fungsi DPRD di provinsi dan kabupaten/kota," jelasnya.

Lanjut Kawatu, Sekretariat Dewan diharapkan turut memaksimalkan setiap tugas dan tanggungjawab yang diemban.

"Karena Sekwan diharapkan turut maksimal dalam pelaksanaan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban serta dituntut setiap waktu untuk berbenah demi optimalnya sumbangsih terhadap pemerintahan dan pembangunan terlebih mengenai proses pembangunan yang sifatnya dinamis mengikuti perkembangan dan perubahan zaman yang terjadi,"tutup Kawatu.(tino)