Header Ads

Dr. Ivan buka Kegiatan "Advokasi Sosialisasi Surveilans Covid-19"(Corona)

Jurnal Manado - Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan (Dinkes) Kota Manado dr Ivan Sumenda Marthen MM, hari ini Rabu (11/3/2020) di Hotel Green Eden Sario, membuka resmi kegiatan ‘Advokasi Sosialisasi Surveilans Covid-19’ (Corona).

Dalam materinya Kadis mengatakan, lewat edukasi ini para tenaga medis baik di Dinkes maupun Puskesmas memiliki kesiapsiagaan dalam rangka mensosialisasikan pencegahan virus Covid-19 kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan tidak ada sampai ke Kota Manado. Kalau masuk Manado kita punya kesiapsiagaan,” jelas Kadis.

Kata dokter Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting dilaksanakan untuk mencegah virus tersebut.

“Biasakan sesering mungkin mencuci tangan, sebab virus ini akan mati karena sabun,” ujarnya.

Selain itu diimbau kepada masyarakat yang suka bepergian ke luar negeri, khususnya daerah yang terdampak agar menggunakan masker.

“Begitu juga yang sementara sakit flu dan batuk,” ujarnya.

Saat ini kata dia semua negara termasuk Indonesia meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjangkit virus yang mudah ditularkan melalui udara lewat bersin dan batuk.

“Imbauannya, kurangi bepergian ke luar negeri. Sebab tidak menutup kemungkinan anda akan dikarantina atau diisolasi,” imbaunya.

Tambahnya, di Cina ada 8000-an orang terinfeksi virus Corona, tapi yang meninggal sekitar tiga persen.

“Kita harus menjaga daya tahan tubuh. Minum vitamin dan jaga daya tahan tubuh, jangan stress. Sebab yang bisa membunuh virus ini adalah daya tahan tubuh,” ujarnya.

Diakhir materinya, Kadis mengajak Dinkes Kota Manado, Provinsi, dan Puskesmas, agar menjadi agen informasi bagi masyarakat dari permasalahan kesehatan seperti ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dokter ahli pemateri dari Provinsi. (Ipeh)
Powered by Blogger.