Header Ads

VaSung: Akibat Penyebaran Covid-19 sampai ke Sulut,Pemerintah Daerah Hendaknya memberlakukan libur sementara Sekolah dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Utara

Jurnal,Manado -Penyebaran virus Covid-19 yang dalam beberapa hari ini cukup signifikan di Indonesia, tentunya akan membawa resiko terhadap aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan; oleh karenanya Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan setiap pemangku kepentingan dalam lingkungan Pendidikan dan Pendidikan Tinggi dalam hal ini Rektor dan Kepala-Kepala Sekolah hendaknya dapat meliburkan/memberhentikan sementara waktu kegiatan tatap muka disekolah dan kuliah serta segera menerapkan metode e-learning. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan, Vanda Sarundajang.

“ Pemerintah dan pemangku kepentingan dalam lingkungan Pendidikan, harus segera
berkoordinasi dan mengambil langkah strategis yang dianggap perlu termasuk kebijakan untuk memberhentikan sementara waktu atau meliburkan para peserta didik baik yang ada dibangku sekolah maupun kuliah. Hal ini sangat penting untuk menekan penularan virus covid-19 ini. Sebagai ganti tatap muka, kegiatan belajar dapat diselenggarakan secara distance learning atau yang lebih dikenal dengan e-learning. Jadi peserta didik tidak perlu datang ke sekolah atau kampus namun cukup secara online saja.“ ungkap anggota fraksi PDI Perjuangan yang akrab disapa VaSung ini.

Lebih lanjut beliau juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengeluarkan edaran terkait pencegahan virus covid-19 dilingkungan pendidikan.

“ Pak Menteri Pendidikan sudah mengeluarkan edaran pada tanggal 9 Maret kemarin, hari ini juga ada ditambah dengan himbauan Dirjen Dikti; sekarang tinggal bagaimana Kepala-kepala Daerah melalui dinas terkait dan pemangku kepentingan dalam lingkungan pendidikan, Rektor dan para Kepala Sekolah, menyikapi dampak/ situasional di daerah masing-masing.

Khusus ke-delapan daerah yang sudah dinyatakan ditemukan adanya kasus positif terinfeksi covid-19, termasuk Manado (dapil saya), perlu dipertimbangkan untuk diterapkan kebijakan-kebijakan tertentu yang tentunya harus mengutamakan keselamatan para peserta didik dan para tenaga pendidik.”,(hak)
Powered by Blogger.