Iklan

April 22, 2020, 15:43 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:35:06Z
Pemerintahan

Gubernur Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Pasien Positif Covid19 dan PDP

Gubernur Olly saat video conference (vicon) dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dari Manado, Rabu 22 April 2020
Jurnal Manado - Meski sudah dilarang, masih saja ada penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19 maupun yang masih berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di pekuburan umum masyarakat. Mengantisipasi adanya penolakan warga, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyiapkan lahan pekuburan khusus untuk pasien Covid-19 maupun PDP. Rencananya itu diungkapkan Gubernur Olly saat video conference (vicon) dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dari Manado, Rabu 22 April 2020.
Gubernur Olly memaparkan upaya pihaknya untuk menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19. “Menyangkut pemakaman pasien dalam perawatan seringkali mendapat penolakan dari masyarakat. Sementara ini Pemerintah Provinsi sedang berkoordinasi untuk menyiapkan lahan Pemerintah Provinsi sebesar 5 hektar untuk persiapan agar supaya tidak ada penolakan dari masyarakat. Kita koordinasi mudah-mudahan tidak ada penolakan untuk kita membuat tempat pemakaman,” katanya.
Selain menyiapkan lahan pemakaman, Gubernur Olly menerangkan bahwa Gugus Tugas Covid-19 Sulut akan menyiapkan peralatan lengkap termasuk eskavator untuk mencegah kerumunan orang yang terlibat dalam pemakaman sesuai aturan physical distancing. “Kami siapkan dengan perangkat alat-alat yang lengkap termasuk eskavator supaya kita menggali kuburan ini tidak perlu banyak orang. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya apa yang kita persiapkan ini mudah-mudahan tidak dipakai,” ungkap orang nomor satu di Sulut ini. Namun diharapkan Gubernur,  dengan segala upaya yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat, pasien  Covid-19 di Sulut tidak akan bertambah.
Kepala BNPB Doni Monardo pun mengapresiasi upaya Gubernur Sulut untuk menyediakan pemakaman khusus pasien covid-19. “Terima kasih Pak Gubernur dan semua jajaran atas upaya dan kerja. Adalah hal yang sangat baik jika Pak Gubernur memutuskan untuk menyiapkan tempat pemakaman khusus bagi pasien covid-19,” ujar Monardo lewat vicon.(tim)