Iklan

June 16, 2020, 03:37 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:35:06Z
Pemerintahan

Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Jurnal Manado – Pilkada 2020 akan digelar 9 Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat hingga kabupaten/kota telah siap melanjutkan tahapan pelaksanaan yang sempat terhenti akibat dampak dari pandemi covid-19.

Mulai Senin (15/6), tahapan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5/2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15/2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

Kadis Komunikasi, Informatika dan Persandian Daerah Provinsi Sulut Christian Talumepa SH MSi melalui Kabid Kominfo Publik Ivonne Kawatu bahwa tidak ada opsi lain selain waktu yang sudah diputuskan pemerintah pusat dan disetujui pemerintah daerah, dimana pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah itu berlangsung.


"Sebagaimana disampaikan plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum/Kapuspen Kemendagri  Dr. Drs. Bahtiar M.Si dalam rapat konsolidasi pelaksanaan sosialisasi PiIkada serentak tahun 2020 melalui zoom meeting tanggal 10 juni 2020, Katanya tidak ada opsi lain,  keputusan sudah diambil Pilkada dilaksanakan tanggal 9 desember 2020. Di tekankan setiap Tahapan Pilkada memperhatikan Protokol Kesehatan covid-19 secara Ketat," kata Kawatu. Sembari mengatakan, pesan beliau sangat diharapkan dukungan dan  peran  Pemerintah Daerah Prov dan Kab/Kota dalam menjamin ketersediaan Anggaran, menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan , menjaga netralitas ASN, memberikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU dan mendukung penyelenggara Pemilu dalam setiap Tahapan pilkada 2020 dengan menggunakan Protokol Covid-19.

Diharapkan juga  dalam menyukseskan kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak agar dapat  mengoptimalkan Forkopimda, mendorong sinergitas Aparat dan Stakholder terkait, mengoptimalkan peran Forum Kemitraan serta mendorong peran Toga, Tomas, Todat dalam menjaga kondusifitas.

Pemerintah Provinsi itu sendiri menurut  Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam pengatar Diskusi Webinar  yang di gelar AIPI Cabang Manado bekerjasama dengan JADI mengatakan Optimis Sulawesi Utara sudah  Siap melaksanakan Pilkada Damai covid 19 dan Demokratis.

Dan tentu sangatlah diperlukan dukungan peran Masyarakat untuk mampu bekerjasama dengan Pemerintah dan Penyelenggara serta menaati semua aturan Pilkada dan aturan  Protokol Kesehatan pada saat pelaksanaan Pilkada di setiap Tahapannya.

Bahkan lebih dari pada itu, di tengah pandemi ini diharapkan ada peningkatan Partisipasi Pemilih, sehingga Sukses Pilkada bisa diraih.
Dan diakhir meeting ada tampilan slide dari
Menteri dalam Negeri RI Mengucapkan
Selamat Berjuang  bersama dan Bergotong royong,  kita akan memenangkan, perang melawan covid -19 Insya'Allah prof h. Muhammad Tito Karnavian Ph.D

Ini adalah ujian kepemimpinan dimasa krisis memerlukan terobosan kreatif. Memerlukan kemampuan inovatif. Penangan covid 19 bisa di tekan, ekonomi hidup dan kemudian permasalahan  cepat selesai kata menteri

Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak agar seluruh elemen masyarakat sulut untuk mengsukseskan pilkada.

"Marilah kita mendukung dan mensukseskan serta mewujudkan,  Sulut sebagai Pelopor Pilkada Damai dengan melumpuhkan Covid- 19. Kiranya Tuhan Berkenan," katanya.(rilis)