Sulut Hanya Bertambah 18 Positif Corona

Jurnal Manado - Sulawesi Utara (Sulut) bertambah 18 pasien positif covid - 18. Hal itu disampaikan dr Steaven Dandel MPH dari Tim Kehumasan Gugus Tugas Covid-19 Sulut, saat update Covid-19.

Menurutnya, yang telah diinformasikan bahwa ada ketambahan 41 pasien positif yaitu 23 kasus baru tidak masuk di Sulut. Pasalnya, kasus baru tersebut ditemukan di perusahaan tambang di Provinsi Maluku Utara (Malut), hanya saja yang melakukan pemeriksaan adalah rumah sakit swasta dari Sulut sehingga Gugus Tugas Covid-19 Pusat memasukkannya sebagai kasus baru dari Sulut.

Terkait hal ini, menurut dr Dandel, pihaknya sudah melakukan koreksi ke Gugus Tugas Covid-19 Pusat. “Jadi perusahaan tambang di Provinsi Malut yang meminta agar diperiksa oleh RS swasta Sulut. Ada sekitar 100 pekerja yang diperiksa, dan hasilnya dilaporkan dari Sulut. Mengenai hal ini kami sudah melakukan koreksi ke tim Gugus Tugas pusat,” ujar Dandel.
Ditambahkannya, seharusnya dimasukkan ke Provinsi Malut, karena para pekerja tambang diperiksa langsung di lokasi tambang di Malut. “Sampelnya ada di Malut sehingga tidak bisa dilaporkan dari Sulut. Jadi yang bisa dilaporkan hanya 18 kasus baru sehingga total kasus positif Covid-19 di Sulut secara akumulasi sebanyak 527 kasus,” ungkapnya.
Ke-18 kasus baru tersebut yang berasal dari PDP adalah 9 kasus, dan ada 6 kasus ditemukan dari hasil screening rapid test reaktif kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab, dan hasilnya positif. Sementara ada tiga yang positif Covid-19 karena kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan kasus positif sebelumnya.(*man)

Diberdayakan oleh Blogger.