Header Ads

Sulut Tertinggi Penyebaran Virus Corona se Indonesia

Jurnal Manado - Penularan Corona Virus Disease atau Covid-19 di Sulut terus mengalami kenaikan. Pasalnya kemampuan penularan COVID-19 yang diukur dari Reproduction Number (RO) mencapai 2,50. Artinya R0=2, maka berarti satu orang yang terpapar COVID-19 berpotensi menularkan virus ke dua orang sehat lainnya.
Penjangkitan virus juga bukan saja pendatang tapi sudah melalui transmisi lokal. Disulut hingga hari ini, Selasa (02/06/2020), 354 positif. Di sejumlah Kabupaten dan Kota dilaporkan telah terjadi penularan atau transmisi lokal. Dan terbanyak adalah manado dengan 222 kasus, dengan perincian 176 pasien aktif sedang dirawat, 20 orang sembuh dan 26 orang meninggal. Hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw mengatakan, tingginya indeks penularan Covid-19 dilihat dari Ro - 2,50 maka Sulut menjadi daerah tertinggi penularan Covid-19 di Indonesia.

“Sulut juara tingkat penyebarannya,” kata Wagub Kandouw kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Selasa (02/06/2020) siang.

"Kita akan full suport manado untuk menghentikan penyebaran virus," jelasnya.

Selain itu, pemerintah akan mempertegas dan memperketat penerapan kebijakan social distancing dan physical distancing di Manado dengan melibatkan petugas gabungan dari Sat Pol PP Provinsi dan Kota Manado, yang turut dibantu Polri dan TNI.

“Bagi pelanggar kalau perlu diberikan punishment. Itu sesuai dengan Undang-Undang Covid-19,” tandasnya.(man)

Diberdayakan oleh Blogger.