Header Ads

Salurkan Bansos Tahap II, Kelurahan Malendeng terima 832 Paket Bantuan Covid-19

Jurnal Manado - Akibat dari Pandemi Covid - 19 , saat ini Kepedulian dari Pemerintah Kota Manado dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap II kepada masyarakat Kota Manado, 
Sebagai bentuk transparansi dan pertanggung-jawaban ke publik.

Dalam Hal ini Walikota GSVl meminta instansi terkait yakni Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) untuk melibatkan pers dalam penyaluran bansos tahap -II ini.
“Perintah Pak Walikota, penyaluran bansos Covid-19 di Kota Manado tidak ada yang ditutup-tutupi. Sehingga sebagai bentuk transparansi, maka Pemkot Manado melibatkan pers dalam mengawal proses penyaluran di kelurahan-kelurahan,” ujar Kadis Sosial Sammy Kaawoan, Jumat (17/07/2020) sore tadi.

Dikatakannya, tugas pers dalam pengawasan penyaluran bansos Covid-19 ini, selain mengawasi, mengedukasi masyarakat, juga memberitakan.
“Mengawasi, yakni melihat proses penyaluran bansos, supaya tidak ada aparat pemerintahan atau kepala lingkungan yang menyalah-gunakan.

Mengedukasi, masyarakat yakni memberikan pemahaman soal bansos ini supaya mengecek terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak. Kemudian memberitakan, yakni ikut memberitahukan ke masyarakat proses penyaluran bansos ini supaya masyarakat tahu,” terang Kadis Sammy Kaawoan.

Untuk itu, ia kembali mengingatkan kembali warga agar saat menerima pekt bansos mengecek terlebih dahulu paket yang disalurkan, agar tidak terjadi kesalah-pahaman di kemudian hari.
“Pastikan paket tidak ada yang kurang dan kadaluwarsa. Jika ada masalah, langsung lapor kepada pala, lurah, camat atau tim pengawas. Jangan nanti sudah dua hari atau lebih baru dilaporkan,” tukas Kaawoan.

Selain melibatkan para insan pers, dalam penyaluran bansos ini juga dikawal oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Tagana, dan tim pengawas independen.

Dan Pada Hari ini Jumat (17/07/2020) hari yang menjadi jadwal Kecamatan Paaldua, salah satunya di Kelurahan Malendeng. Paket bantuan terdiri dari beras lokal kemasan 10 kilogram, ikan kaleng 180 gram sebanyak 15 kaleng, dan masker 4 buah.

Mewakili Walikota Manado , Kepala Dinas Sosial Sammy Kaawoan, mengantar langsung dan menyerahkan secara simbolis paket bantuan tersebut kepada Camat Paaldua Glenn Kowaas didampingi Sekcam Richard Mantik kemudian diserahkan kepada Lurah Malendeng Anwar Halidu .

Penandatanganan berita acara penyerahan bansos Covid-19 dari Dinas Sosial kepada Lurah Ranomuut Inggrit Sumilat disaksikan Camat Paaldua Glenn Kowaas.

Dari data yang ada, untuk tahap II ini ada 832 kepala keluarga (KK) di kelurahan Malendeng yang berhak menerima bansos dari Pemerintah Kota Manado. 
“Untuk tahap II ini ada 832 KK penerima bansos. ", Ucap Lurah Halidu.

Labjut disampaikan Kadis Sammy Kaawoan menerangkan kembali bahwa bansos tahap II ini mengacu data di bansos tahap I, kemudian ditambah.

Tak lupa ia kembali mengingatkan warga agar mengecek terlebih dahulu paket yang disalurkan, agar tidak terjadi kesalah-pahaman di kemudian hari.
“Pastikan paket tidak ada yang kurang dan kadaluwarsa. Jika ada masalah, langsung lapor kepada pala, lurah, camat atau tim pengawas. Jangan nanti sudah dua hari atau lebih baru dilaporkan,” tukas Kaawoan. (Ipeh)
Diberdayakan oleh Blogger.