Iklan

July 17, 2020, 12:35 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:32:42Z
Pemerintahan

Tunjang Sektor Pariwisata, Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sarhunta di Desa Kinunang Minut

Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meletakkan batu pertama pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang di Desa Kinunang, Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (17/7/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menerangkan bahwa pembangunan Sarhunta KSPN Manado-Likupang sebagai bukti dukungan pemerintah pusat dalam membangun sektor pariwisata Sulut.

" Dalam rangka menjawab program Bapak Presiden Joko Widodo yang janjinya kepada masyarakat , pada saat berkunjung di Likupang, untuk peningkatan pariwisata di Sulut. Hari ini kita bisa di pertemukan dan melihat secara langsung program lewat Kementrian PUPR yang dibawa  dan diserahkan 
Kepada masyarakat, dan juga  yang saya dengar tadi pembagunannya langsung dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri," kata Olly.

Menurut Olly, pembangunan Sarhunta dapat menunjang pemulihan sektor pariwisata Sulut yang terdampak pandemi Covid-19 di fase kenormalan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Tentunya hal ini sangat baik pada situasi kondisi krisis virus Covid-19, dimana saat ini banyak sekali masyarakat  jadi pekerja pariwisata di Sulut  yang kehilangan pekerjaan karena turis tidak datang lagi. Tapi hari ini kita bisa lihat bahwa program ini, bisa jalan karena kita harus siap, rakyat Sulut harus siap menghadapi kehidupan baru dan  dikehidupan baru ini , kita harus terbiasa bersama-sama dengan virus Covid-19 torang hidup, jadi torang jangan jaga kase tinggal torang pe masker, jangan torang kase tinggal torang pe cuci tangan, sehingga torang boleh melakukan kegiatan ekonomi yang lain," ungkap Olly.

Karenanya, Olly optimis jika masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan maka  wisatawan dapat datang mengunjungi Likupang.

"Kalo ini bisa berjalan dengan baik, satu bulan lagi turis somo datang ulang kamari Likupang somo jadi investasi di Likupang akan maju, masyarakat harus siap. Saat ini Pemerintah Provinsi sementara sosialisasi  pergub yang baru no 44 tahun 2020 , kepada seluruh masyarakat agar supaya dapat melaksanakan kewajibannya dan tentu masyarakat punya hak meminta kepada pemerintah, tetapi masyarakat juga punya kewajiban sehingga program kita bisa berjalan dengan baik," ujar Olly.

"Salah satunya program rumah swadaya mendukung KSPN Manado-Likupang. Nah kalo rumah ini so jadi, bapak ibu bisa pakai untuk turis datang di homestay dimana turis tinggal di atas torang tinggal di bawah. Karena kalo turis-turis jaga datang,  Turis lebe suka tinggal di rumah, dorang nimau tinggal di hotel," lanjut dia.

Olly juga meminta agar masyarakat dapat merawat fasilitas rumah swadaya yang dibangun pemerintah.

"Jadi rawat ini rumah dengan baik fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah. Mudah-mudahan kalau ini berjalan bagus pemerintah datang bawa lagi pembangunan bukan cuma 200 rumah.

Menurut Gubernur , akan juga ada program padat karya , yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat,  torang kase tu doi pa rakyat dan rakyat yang bangun ," imbuhnya.

Adapun peletakan batu pertama Sarhunta turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut, Kepala Balai Jasa Konstruksi, Kepala Balai Unit Organisasi Kementrian PUPR Sulut, Kasatker, Penyediaan Perumahan , Sarhunta, perwakilan Bank Mandiri , dan Hukum Tua Desa Kinunang.(hms)