Iklan

August 18, 2020, 05:57 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:16:34Z
Politik

Hargai Perjuangan, Rocky Wowor Kunjungi Rumah Mendur Bersaudara

JurnalManado - Menghargai peran wartawan dimasa perjuangan saat melakukan peliputan saat mengabadikan kegiatan sejarah perjuangan dari sosok wartawan kakak beradik dari Manado yaitu Frans Soemarto Mendur dan Alex lmpurung Mendur.


Hal ini dilakukan Ketua Fraksi PDIP dalam menghargai sekaligus maknai HUT RI ke-75, ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulut Rocky Wowor kunjungi rumah panggung Frans Soemarto Mendur dan Alex Impurung Mendur di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.


Kepada JurnalManado.com lolitisi yang disebut-sebut bakal menggantikan posisi Andrei Angouw sebagai Ketua DPRD Sulut mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan menurut politisi PDIP Sulut, Kakak-beradik Mendur ini merupakan wartawan yang berjasa dalam mengabadikan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia, yaitu Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.


"75 tahun yang lalu, Republik Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Ada banyak tokoh penting dibalik proklamasi kemerdekaan selain Bung Karno dan Bung Hatta. Termasuk,  2 wartawan asal Manado yakni Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur," kata Wowor.


Dikatakannya, berkat jasa mendur bersaudara, generasi saat ini menyaksikan foto-foto momen proklamasi  di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, pada 17 Agustus 1945 silam


"Diantaranya foto saat Soekarno membacakan naskah proklamasi dan Mohammad Hatta berdiri di sisi kiri," tandas Wowor yang digadang-gadang pengganti ketua DPRD Sulut Andrei Angouw.(tino)