Header Ads

Peletakan Batu Pertama Taman Wisata Budaya Waruga. Gubernur :Ini Akan Jadi Destinasi Budaya Wisata Satu -satunya di Dunia

Jurnal Manado - Gubernur Sulut Olly Dondokambey terus membangun disemua sektor. Salah satunya sektor pariwisata dan budaya yang saat ini sedang berjalan. Kamis (12/08/2020), didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Ir Bastari, gubernur melakukan peletakan batu pertama taman wisata budaya waruga yang terletak di Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara.

Pelaksanaan pembangunan kawasan cagar budaya waruga  ini menghabiskan total anggaran sekitar 33 miliar dari Kemeneterian PU-PR Direktorat Jendral Sumberdaya Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1.


"Tahap pertama tahun ini dianggarkan sekitar 7,5 M. Dan tahap kedua sisanya akan dianggarkan pada tahun depan. Mudah-mudahan sesuai target yang ada. Baik proyek pembangunan waruga dan proyek pembangunan bendungan kuwil akan tuntas pada agustus tahun 2021," kata Bastari.


Sementara Gubernur saat diwawancarai mengatakan, nantinya lokasi ini akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi para pengunjung.


Fasilitas yang ada mulai dari galeri yang berisi tentang informasi Budaya dan Sejarah Minahasa, Gapura, Restoran, Gardu Pandang, Taman & Kolam Tumatenden, jalan setapak, pagar dan toilet yang representatif.

"Taman/cagar budaya Waruga Kuwil tersebut akan menjadi destinasi budaya satu-satunya di dunia yang akan berlabel wisata dunia. Dari awal, ini sudah menjadi konsep saya untuk pariwisata budaya. Karena budaya tidak boleh dilupakan, termasuk cagar-cagar budaya yang ada," kata gubernur. Sembari mengatakan, situs budaya seperti Waruga di Minahasa wajib dilestarikan dan diperindah untuk generasi penerus kita di masa yang akan datang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Sulut, Kepala Kanwil BPN Sulut, Plt. Kadis Kebudayaan Sulut Jenry Sualang dan para tamu undangan lainnya.(man)

Diberdayakan oleh Blogger.