Iklan

August 12, 2020, 14:19 WIB
Last Updated 2020-10-01T05:19:27Z
DPRD Manado

Srikandi - srikandi Dekot Gelar Reses ke - II Agustus Sambil Berbagi Berkat



Jurnal Manado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado kembali mengadakan serap aspirasi atau reses ke II di tahun 2020.

Seperti Ketua DPRD Manado Dra Aaltje Dondokambey M.Kes Apt, telah melakukan reses kedua dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Dalam reses kedua ini, Aaltje Dondokambey banyak menerima aspirasi masyarakat dapil Tikala-Paal Dua.

Adapun aspirasi yang disampaikan oleh warga antara lain perbaikan jalan di Kecamatan Paal Dua yang ditanggapi serius oleh Ketua DPRD Manado.

“Semua aspirasi ini akan saya sampaikan kepada pemerintah agar mendapat perhatian untuk ditindak lanjuti,” kata Ketua Aaltje.

Namun demikian diharapkannya, agar masyarakat dapat bersabar mengingat negara saat ini sedang dilanda wabah virus corona.

“Untuk saat ini pemerintah sementara menangani pandemi COVID-19, sehingga ada pergeseran anggaran yang begitu besar untuk penanganan wabah ini,” ujarnya.

Reses tersebut dilaksanakan di Kelurahan Paal Dua, Kecamatan Paal Dua, Senin (10/8/2020).


Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone (NVB) menggelar reses di kompleks Air Terang, Kelurahan Malalayang Satu Timur, Kecamatan Malalayang Kota Manado, Rabu (12/08/2020).

Dalam reses ini, turut dihadiri Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Malalayang Yusuf Kopitoy, Lurah Malalayang Satu Timur Alfiane Oroh, para kepala lingkungan (Pala), pegawai dari dinas kesehatan Kota Manado serta masyarakat.

NVB mengaku dirinya sangat berkerinduan untuk bertemu dengan masyarakat di Malalayang Satu Timur terlebih menyerap aspirasi.

"Reses ini adalah kesempatan bagi masyarakat, juga para Pala untuk menyampaikan aspirasi untuk saya bawa dan diperjuangkan di lembaga DPRD Manado," jelasnya.

NVB yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Manado ini, memastikan tak melihat warna dalam memperjuangkan aspirasi dan membantu masyarakat.

"Jujur sebenarnya saya masih trauma untuk mengumpulkan banyak orang karena pandemi Covid-19 saat ini. Tapi ini (reses) harus dijalankan karena sangat penting demi menyerap aspirasi masyarakat Kota Manado, khususnya di Kelurahan Malalayang Satu Timur dan Kecamatan Malalayang," katanya.


Sementara Anggota DPRD Manado Ir Jean Sumilat telah melaksanakan 2 kali yakni Sabtu dan Minggu (8,9/8/2020) bertempat di Kelurahan Malalayang Satu.

Srikandi PDIP dapil Sario-Malalayang ini dengan hati terbuka menanggapi setiap aspirasi yang disampaikan oleh warga.

“Saya akan teruskan semua keluhan masyarakat ini kepada dinas yang terkait agar dapat ditindaklanjuti. Tetapi untuk tahun ini ada pergeseran anggaran untuk COVID-19, semoga bisa dianggarkan tahun depan,” kata Jean.


Salah satu legislator juga, Jurani Rurubua SST melakukan reses dengan berbagi beras. Niat baik berasal dari hati yang tulus ini selalu diwujudkan pada setiap momen tugas kerjanya.

 “Beras ini saya beli dengan uang pribadi bukan diambil dari anggaran reses, dan masker yang dibagikan itu dari PSI,” kata Jurani.

Namun demikian, Rani tak menampik jika fasilitas, perlengkapan dan konsumsi yang disediakan saat itu berasal dari dana reses.

“Dana reses DPRD Manado sebesar Rp24 juta. Tenda, kursi, sound system serta makan minum semuanya berasal dari anggaran reses,” ungkap Rani. Silahkan makan sepuasnya, karena itu uang rakyat, uang kalian juga,imbuhnya.

Menanggapi aspirasi warga perihal lampu, perbaikan jalan, air bersih, saluran, KK dan KTP, Rani berjanji selalu siap memperjuangkannya.

“Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga tadi, sebelum reses ini saya sudah 5 kali datang kesini. Semua aspirasi pasti saya perjuangkan demi masyarakat,” pungkasnya.(adv)