Iklan

October 28, 2020, 23:26 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

VaSung : Pemerintah dan Masyarakat harus Bersinergi Bangkitkan Pariwisata di Sulut


Jurnal,Manado - Pementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Komisi X DPR RI menggelar Bimbingan Teknis dengan tajuk “SINKRONISASI ADAPTASI KEBIASAAN BARU PROMOSI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI PASAR EROPA, TIMUR TENGAH, AFRIKA, DAN AMERIKA”


Acara yang dibuka langsung oleh Anggota DPR RI Komisi X, Vanda Sarundajang, bersama Direktur Pemasaran Pariwisata Regional III Kemenparekraf, Iman Santosa merupakan dukungan dan upaya pemerintah pusat untuk memulihkan sektor pariwisata di Sulawesi Utara yang dilanda pandemi Covid-19 sejak awal tahun lalu. 


“Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata,  apalagi saat ini pemerintah terus berusaha mempromosikan pariwisata khususnya Sulawesi Utara di Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika.” ungkapnya.


Srikandi PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa dalam upaya mengaktifkan kembali sektor pariwisata diperlukan persiapan penerapan protokol kesehatan yang baik yang berbasis Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

“ Faktor penting yang harus diperhatikan adalah persiapan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan mengingat protokol kesehatan berbasis CHSE sangat menjadi pertimbangan dan daya tarik wisatawan dalam era new normal kedepan. Nah, di dalam penerapannya protokol kesehatan ini benar-benar harus dilaksanakan dengan baik dan benar terutama oleh para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Vasung, sapaan akrab beliau.


VaSung mengharapkan penerapan CHSE menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya promosi pariwisata agar masyarakat yang akan berwisata khususnya ke Sulawesi Utara merasa aman dan nyaman.

“ Semua stakeholder, baik Pemerintah serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk besinergi juga dalam mempromosikan dan mensosialisasikan implementasi protokol kesehatan berbasis CHSE. Dengan harapan pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini lebih hebat lagi” jelas anggota DPR RI yang sudah ketiga kalinya dipercayakan oleh masyarakat Sulawesi Utara ini.


Narasumber dalam Acara yang berlangsung tanggal 26-27 Oktober di Hotel FourPoint Manado itu adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Hendri Keitjili, Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu serta sejumlah Narasumber dari Kemenparekraf.(hak)