Header Ads

BPTD Wilayah XXII Sulut Gelar Sosialisasi Peraturan, Kebijakan dan Program Transportasi Jalan Serta Pengawasan Operasional dan Keselamatan Berlayar Pada Lintasan Penyeberangan Perintis


Jurnal Manado - Balai Perhubungan Transportasi Darat Wilayah XXII Sulut, Kamis (12/11/2020), melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan, Kebijakan dan Program Transportasi Jalan Serta Pengawasan Operasional dan Keselamatan Berlayar Pada Lintasan Penyeberangan Perintis di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020, di salah satu hotel yang ada di manado.

Menurut Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut Renhard Ronald, S. SiT, MT, bahwa Sektor Perhubungan terlebih khusus transportasi darat memiliki kontribusi yang sangat penting bagi pembangunan nasional mengingat sifatnya sebagai penggerak dan pendorong kegiatan pembangunan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 154 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat tipe C bertugas melaksanakan pengelolaan lalu lintas dan angkutan jalan, sungai, danau dan penyeberangan, serta penyelenggaraan pelabuhan penyeberangan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial dan pelabuhan yang belum diusahakan secara komersial. 


"BPTD menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman operator dan masyarakat terhadap program, kebijakan, dan peraturan di bidang transportasi jalan dan keperintisan angkutan penyeberangan," kata Reinhard saat membacakan laporan panitia. Sembari mengatakan tujuannya adalah untuk meningkatkan keselamatan transportasi jalan di Provinsi Sulawesi Utara dengan meminimalisir pelanggaran dibidang lalu lintas dan angkutan jalan seperti pelanggaran Over Dimenssion dan Over Loading, tata cara pemuatan dan muatan yang melebihi daya angkut kendaraan. Meningkatkan keselamatan transportasi sungai, danau, dan penyeberangan dangan melakukan pengawasan operasional dan keselamatan berlayar pada lintas penyeberangan perintis dan komersial di Provinsi Sulawesi Utara.


Usai itu dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen Perhubungan Darat yang diwakili Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Heru Santoso skaligus membuka kegiatan sosialisasi secara virtual. Dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lynda Watania, Direktorat Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan diwakili Wahyudi KASI Kesyahbandaran dan Patroli (ramas)





Diberdayakan oleh Blogger.