Iklan

November 13, 2020, 14:35 WIB
Last Updated 2020-11-13T22:35:19Z
Pendidikan

Fatoni Berikan Kuliah Umum Manajemen Pemerintah Daerah Era Revolusi Industri 4.0 Kepada Mahasiswa IPDN


Jurnal Manado - Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam kuliah umum yang digelar di Ruang Rapat Utama IPDN Kampus Sulut, Desa Tampusu, Kabupaten Minahasa, Jumat (13/11/2020).


Kuliah umum yang mengangkat tema Manajemen Pemerintah Daerah Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju 2045 digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Fatoni yang hadir sebagai pembicara utama menjelaskan bahwa manajemen pemerintahan daerah harus dipahami secara benar.


“Bagaimana tentang manajemen itu sendiri kemudian visi misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kemudian prioritas, kegiatan dan termasuk di dalamnya bagaimana roadmap revolusi industri 4.0 di Indonesia,” ujar Fatoni.


Ia juga menegaskan tentang pentingnya peningkatan kapasitas dan peningkatan kemampuan sebagai bekal penting untuk seluruh praja IPDN dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Untuk itu, Fatoni memotivasi civitas akademika IPDN Sulut untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, membekali diri dan mengejar prestasi di dunia pendidikan.


“Saya bergarap ade-ade semua di seluruh kampus Sulut ini dan kalau bisa di seluruh praja semuanya bisa sampai S3,” ajaknya.


Berkaitan dengan pembekalan diri, Fatoni meminta kepada segenap audiens yang hadir khususnya praja IPDN agar memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0.


“Hard skill mengenai kemampuan teknis, ilmu, keterampilan dan itu perlu kita tingkatkan,” ucapnya.


“Kemudian soft skill itu sering disebut dengan bakat atau kemampuan non teknis bagaimana kita belajar menyampaikan atau mengatakan sesuatu dengan positif tidak melihat sesuatu dari negatif,” lanjutnya.

Disamping itu juga dirinya mengingatkan untuk terus menerus meningkatkan kompetensi, baik itu manegerial maupun teknis.


“Kita perlu membentuk kompetensi baik manegerial maupun kompetensi teknis,

Manajerial itu kita perlu bentuk dari diri kita, kita yang mengabdi, kalau kompetensi teknsi di semua tempat berbeda-beda di suatu tempat kita harus belajar di tempat itu kita harus beradaptasi,” terangnya.


Lebih lanjut, Fatoni meminta kepada mahasiswa untuk memiliki kecakapan yaitu cepat tangkap, responsif, antisipatif, inovatif dan intuisi.

Tak lupa juga dalam kuliah umum tersebut, ia mengingatkan kepada semua peserta kuliah umum untuk tetap mengemban sebaik-baiknya setiap tugas yang dipercayakan.


“Kadang kala kalau kita bekerja itu kita ingin penghargaan, Ingin jabatan, ingin dipuji, itu tidak penting bagi kita, kalau kerja kerja saja,” katanya.


“Tujuan kita adalah bagaimana kita bekerja dengan maksimal dan sebaik-baiknya,” kuncinya.


Nampak juga hadir dalam kuliah umum tersebut Direktur IPDN Kampus Sulut Noudy Tendean, Bupati Tulang Bawang Provinsi Lampung Winarti serta jajaran pejabat Pemprov Sulut.(*ramas)