Header Ads

Meidi Tinangon, Ikut Bimtek Forum Pemungutan dan Perhitungan Suara dan Aplikasi SiRekap


JurnalManado - Komisioner Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Meidy Tinangon mengikuti bimbingan teknik (bimtek) terkait pemungutan dan perhitungan suara dan aplikasi Sirekap (sistem informasi rekapitulasi) gelombang lV yang di gelar di Bandung 14-17 November 2020.

Agenda juga ada rapat Dengar Pendapat (RDP) KPU-Bawaslu Komisi II DPR menyepakati SiRekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) Pemilihan 2020 tetap diterapkan dalam Pemilihan Serentak 2020 meskipun hanya sebagai alat bantu publikasi dan alat bantu rekapitulasi manual.  


Sekalipun hanya sebagai alat bantu,  namun peran SiRekap untuk memenuhi prinsip transparansi dan efektivitas proses rekapitulasi serta langkah menuju Pemilihan Elektronik patut diapresiasi.  


Hasil penerapan aplikasi SiRekap memang bukan menjadi acuan hasil resmi Pilkada, dimana hasil akhir rekapitulasi tetap mengikuti "cara manual" dengan dibantu aplikasi SiRekap.  


Berbagai hal mutakhir dalam prosea di TPS hingga rekapitulasi secara berjenjang dengan bantuan Sirekap,  dielaborasi selama 4 hari di Bandung (14-17 November 2020) dalam forum Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara dan Aplikasi Sirekap Gelombang ke IV. bandung lautan SiRekap.(tino)

Diberdayakan oleh Blogger.