Header Ads

Pjs Bupati Minut Clay JH Dondokambey SSTP MAP Apresiasi KPU Minut


Jurnal Minut - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) menggelar rapat koordinasi (rakor) pengamanan pemungutan suara dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Minut tahun 2020, Selasa (3/11/2020) di Ballroom Novotel dan Resorts Manado.

Pjs Bupati Minut Clay JH Dondokambey SSTP MAP saat menghadiri rakor berterima kasih dan mengapresiasi KPU Minut karena boleh menggagas dan menggelar acara tersebut.

“Karena sebagaimana disampaikan tadi bahwa waktu semakin singkat kita akan menggelar tahapan pemilihan pada (9/12/2020) nanti, sebagai bentuk mengawal pemerintahan di Kabupaten Minut tahapan-tahapan sudah kita lakukan bersama dan secara konsisten. Sebisa mungkin tidak ada bias supaya tidak menimbulkan multitafsir di semua stakeholder yang ada, inilah tanda komitmen kita untuk menyukseskan Pilkada serentak,” pungkas Clay.

Masih lanjut katanya, secara langsung pihaknya juga turun ke masyarakat dalam setiap agenda sosial kemasyarakatan untuk tetap mensosialisasikan tahapan ini baik secara pribadi dan melalui jajaran.

“Namun demikian kita akan segera mengeluarkan surat edaran secara resmi dan tertulis yang ditujukan kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di masyarakat, baik unsur Camat, Kepala Desa, Lurah, tapi juga kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan termasuk tokoh masyarakat yang kita anggap penting didalamnya tentu tidak mengabaikan unsur keagamaan, yang nanti tentu himbauannya dimintakan untuk disampai-sampaikan dan dibacakan melalui pertemuan-pertemuan atau lewat pengarah suara,” ungkapnya.

“Inti imbauan yang pertama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah, kedua tetap kita mengikuti protokol kesehatan, dan ketiga kita mengimbau juga agar semua bisa menggunakan hak pilihnya,” sambungnya.


 


Selanjutnya, Clay menerangkan, melalui jajaran yang ada baik Kaban Kesbangpol dan Kasat Pol PP selalu mengimbau dan terus berkoordinasi memantau setiap tahapan ini untuk segera dilaporkan.

“Kita berharap grup-grup koordinasi kita lebih aktif lagi potensi-potensi yang mungkin berbias mungkin bisa diinformasikan atau secara japri kepada kami selaku unsur pimpinan, supaya sebisa mungkin kita tidak memadamkan api tapi baru percikan kita sudah bisa mengantisipasinya,” katanya.

“Semua komponen siap mendukung, siap bekerja dan kami juga terus mengimbau semua perangkat yang ada dalam pemerintahan semua tatanan baik Pemkab, unsur-unsur yang terkait tapi juga unsur pemerintah kecamatan dan desa itu kita dorong terus untuk terlibat aktif dalam tahapan ini, artinya terlibat tidak masuk penyelenggaraan tetapi kita mensupport ketika dibutuhkan terkait persiapan tahapan-tahapannya,” lanjutnya.

Clay pun mengapresiasi jajaran Kepolisian dan TNI yang tidak lelah-lelahnya mengawal Pemkab Minut bahkan mengawal KPU dan Bawaslu dalam setiap tahapan.

“Wujud yang terjadi di lapangan lebih yang diharapkan dan itu yang boleh dilaksanakan oleh TNI dan Polri, selanjutnya KPU juga sudah mengingatkan terkait kesiapan Linmas karena memang data yang diberikan kemarin secara global sementara itu harus ada spesifikasinya, saya sudah meminta pak Kasat untuk menindaklanjuti dan paling lambat hari Kamis kita sudah serahkan datanya, saya juga mengingatkan rekan-rekan Camat berkomunikasi aktif dengan seluruh Kapolsek dan Danramil bahkan Lurah Kepala Desa Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, refocusing anggaran penanganan covid itu juga yang kemudian banyak yang menyerap anggaran pemerintah daerah, tapi pihaknya tetap tidak bisa kehabisan akal.

“Terkait paling krusial itu jaringan listrik dan internet tapi kita tidak patah semangat, kemarin kita sudah melakukan simulasi dan kalau berkenan content atau video sudah disebar lewat kami juga dan kami siap membantu, jadi ini nanti diputar dan dibagikan sampai ke Desa-Desa dan mewajibkan seluruh Kecamatan agar video simulasi ini ditayangkan terus bahkan bisa diviralkan di grup-grup WA, supaya baik penyelenggara, pengawas, kami Pemerintah Kabupaten, baik yang bertugas di PPS dan KPPS bahkan para Linmas, TNI, dan Polri yang membackup, akan tahu tahapan-tahapan dan mereka memposisikan diri seperti apa,” tukasnya.


 


Kemudian Pjs Bupati menyarankan KPU Minahasa Utara agar dapat menggunakan media sosial sebagai sarana sosialisasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara.


 


“KPU Minahasa Utara agar memviralkan Video atau Infografis berisi tata cara pemungutan suara, biasanya masyarakat lebih tertarik melihat video atau infografis ketimbang pengumuman yang berisi uraian deskripsi yang panjang,” harapnya.


 


Rapat koordinasi dibuka Ketua KPU Minut Stella Runtu dan dihadiri Komisioner KPU Ilham Syahputra, para anggota KPU Minut, jajaran Pemkab Minut, jajaran Forkopimda, Bakamla, PT PLN (Persero), PT Telkom, Ketua Bawaslu Minut, para Camat dan undangan lainnya.(*)


 

Diberdayakan oleh Blogger.