Header Ads

Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni Hadiri Langsung Pembukaan MTQ ke - 28 di Sumbar Yang Dibuka Presiden Jokowi


Jurnal Manado - Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni menghadiri langsung pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 di Stadion Utama Sumatra Barat di Desa Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020).


MTQ dibuka Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Merdeka Jakarta.


Selain Pjs Gubenur Fatoni, pembukaan MTQ di Sumbar turut dihadiri langsung Menteri Agama Fachrul Razi dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa bagi kaum muslimin.

“Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. Al-Quran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan dalam menjalankan Al-Quran,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengajak umat muslim untuk meneladani pribadi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam karena kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Quran menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama kita semua.

“Sebagai umatnya harus meneladani kemuliaan akhlak nabi tersebut,” tandasnya.

Lanjut Jokowi, pelaksanaan MTQ ini tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka dan yang juga sangat penting sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.


“Saya yakin dengan pemahaman keislaman yang semakin lain bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah baik Ukhuwah Islamiyah Ukhuwah Wathaniyah maupun Ukhuwah Insaniyah,” ujarnya.


“Semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama bagaimana dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam harus menjadi semangat kita bangsa Indonesia di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku agama maupun kelompok terbagi untuk meringankan beban saudara saudaranya yang sedang menghadapi kesulitan,” sambungnya.


Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan selamat dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Sumatra Barat atas keramahan kehangatan antusiasme menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional yang ke-28 tahun 2020.


“Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua peserta semoga keikutsertaan saudara memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar Islam di tanah air dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim Musabaqah Tilawatil Quran tingkat nasional ke 28 tahun 2020 di Sumatra Barat dengan resmi dibuka,” tutupnya.


Sebagai informasi, MTQN ke-28 di Sumbar yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini diikuti 1.476 peserta dengan 8 cabang musabaqah di 12 arena lomba yang berlangsung mulai tanggal 12 – 21 November 2020.


12 arena lomba tersebut yaitu pertama di Masdjid Raya Sumbar untuk perlombaan cabang tilawah dewasa dan qira’at saba’ah mujawwad. Kedua Gedung Rohana Kudus untuk cabang taril Alquran dan tilawah cacat netra. Kemudian ketiga Masjid El Hakim di Pantai Muaro Padang untuk cabang tilawah anak-anak dan cabang tilawah remaja. Ke empat Masjid Nurul Iman di Kota Padang untuk perlombaan cabang qira’at saba’ah murattal remaja dan qira’at saba’ah murattal dewasa.


Arena ke lima adalah Auditorium Universitas Baiturrahmah untuk cabang hifzil 1 juz tilawah dan cabang hifzil 10 juz. Ke enam Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Padang untuk perlombaan cabang kaligrafi kategori naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.


Ketujuh adalah Auditorium Universitas Negeri Padang untuk perlombaan cabang Fahmil Alquran. Ke delapan Masjid Darul Hujjaj di UPT Asrama Haji untuk perlombaan cabang hifzil Alquran 5 juz tilawah dan hifzil Alquran 20 juz. Kesembilan, Hospitality Center Universitas Negeri Padang untuk arena perlombaan tafsir Bahasa Indonesia dan tafsir Bahasa Inggris.


Kesepuluh Aula Mansur Datuak Basa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang untuk perlombaan hifzil Alquran 30 juz dan tafsir Bahasa Arab. Sebelas Gedung Serba Guna UIN IB untuk perlombaan cabang syahril Alquran. Terakhir Aula PKM Universitas Andalas untuk perlombaan karya tulis ilmiah Alquran.(*ramas)

Diberdayakan oleh Blogger.